(2) Iwan Hermawan
(3) Kasja Eki Waluyo
*corresponding author
AbstractPembelajarab memiliki unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Setiap pembelajaran memiliki tujuan yang perlu di capai melalui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru. Dalam pembelajaran perlu memilih dan menganalisis metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan di sampaikan. Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Nihayatul Amal Karawang ini bertujuan untuk dapat meningkatkan sikap sosial siswa melalui interaksinya dengan teman nya. Sebagai tujuan dari pembelajaran ini ialah untuk dapat membuat proses pembelajaran lebih efektif dan meningkatkan sikap sosial yang tinggi melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga data yang disajikan merupakan bentuk narasi, dengab pengunpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan teori dari miels and huberman yaitu penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi yang dapat meningkatkan sikap sosial pada siswa di SMP Nihayatul Amal. KeywordsPembelajaran PAI, Metode Diskusi, Sosial
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.465-470 |
Article metrics10.31604/ptk.v5i3.465-470 Abstract views : 551 | PDF views : 311 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Djamaluddin Ancok, (1995), Psikologi Islam, Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, syaifudin bahri, and aswan zain. (2002), Strategi belajar mengajar. 2nd ed. Jakarta: Reneka Cipta.
Firman, Arham Junaidi. (2017). “Paradigma Hasan Langgulung tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islamâ€, dalam UHAMKA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2.
Maunah, binti. (2009), Metodologi pengajaran agama Islam. Yogyakarta: Sukses Offset.
Prayitno, Irwan. (2010). Anakku Penyejuk Hatiku. Bekasi : Pustaka Tarbiatuna
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Yusuf, Syamsu. (2008). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Zaini, hisyam, bermawy, and sekar ayu aryani. (2007). Strategi pembelajaran. Iv. Yogyakarta: ctsd.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






Download