
*corresponding author
AbstractTerdapat masalah pada penelitian ini ketika peneliti melaksanakan ulangan harian dimana tingkat ketercapaian dalam hasil belajar matematika siswa-siswa kelas VI sebanyak 27 siswa, terdiri 11 laki-laki, dan 16 perempuan di sekolah SD Negeri 158493 Sibuluan 1 B Kecamatan Pandan KabupatenTapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan masalah tersebut maka dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tim ahli (jigsaw)dengan pelaksanaan penelitian tindakan. Maka diperoleh ketuntasan secara individu siklus I sebesar 55,56% dan secara penilaian kelas sebesar 63%, serta ketuntasan secara individu siklus II sebesar 92,59% dan  secara penilaian kelas sebesar 76%. Kemudian hasil observasi aktivitas guru pada saat siklus I yang diperoleh dari diskriptor A nilai 70,83% dan diskriptor B nilai 68,75%, pada saat siklus II yang diperoleh dari diskriptor A nilai 89,58% dan diskriptor B nilai 93,75%. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada saat siklus I yang diperoleh dari diskriptor A nilai 79,17% dan diskriptor B nilai 75.00%, pada saat siklus II yang diperoleh dari diskriptor A nilai 91,67% dan diskriptor B nilai 93,75%. Hal ini telah sesuai dengan analisis data secara individu ketuntasan belajar apabila PPH ≥ 65%, dengan penilaian kelas dinyatakan telah tuntas dalam belajar ketika melampaui nilai ≥ 75%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa P ≥ 85%.
KeywordsHasil belajar, Aktivitas Belajar, Tim Ahli (Jigsaw)
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.554-563 |
Article metrics10.31604/ptk.v4i3.554-563 Abstract views : 1017 | PDF views : 409 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Brandt, A., & Chernoff, E. (2015). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36. https://kb.osu.edu/bitstream/handle/1811/78917/OJSM_71_Spring2015_31.pdf
Fianti, I. I., & Gregorius, J. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Banjartanggul Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–10.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/12192
Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. https://ejournal.unikama.ac.id/ index.php/JPPI/article/view/4840
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102. https://jurnal-assalam.org/ index.php/JAS/article/view/48
Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(1), 152–160. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.86
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org /https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurbianta, & Dahlia, H. (2018). The Effectiveness of Jigsaw Method in Improving Students Reading Comprehension. ETERNAL (English Teaching Journal), 9(1), 70–86. https://doi.org/https://doi. org/10.26877/eternal.v9i1.2416
Permadi, P. S., Sutaryadi, & Subarno, A. (2016). Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Azas, Tujuan, Dan Jenis Tata Ruang Kantor Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 104–117. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9794
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. JPSD Journal (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 146–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v2i2.4947
Pratami, A. Z., Suhartono, & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/ https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https:// doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https:// doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Silalahi, E. B. (2019). Jigsaw method in reading comprehension. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 4(1), 11–17. https:// doi.org/https://doi.org/10.26905/enjourme.v4i1.3184
Siswanto, H. (2013). Pembelajaran Kooperaif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Ketrampilan Bola Voli dan Bola Basket Siswa SMK. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(2), 89–94. https:// doi.org/https://doi.org/10.15294/miki.v3i2.4378
Sulastri., Imran., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal /index.php/JKTO/article/view/4110
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120. https://doi. org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.