 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(2) Slamet Sholeh
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(3) Mimin Maryati
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)*corresponding author
| AbstractSekolah menengah pertama diharuskan mempunyai sarana dan prasarana perpustakaan yang cukup memadai. Dan data pengunjung siswa nya cukup banyak, oleh karena itu untuk mengoptimalisasikan perpustakaan di sekolah menengah pertama perlu adanya perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan baik. Dalam hal perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan ini meliputi perencanaan anggaran, dan perencanaan pengembangan koleksi. selain itu juga perlu memerhatikan sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan oleh perpustakaan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan di sekolah dilaksanakan dengan baik dalam memberikan fasilitas dan bahan pustaka yang lengkap, dengan begitu pengunjung akan terasa nyaman di perpustakaan dan jauh lebih mudah mencari buku. Penelitian tentang Perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan di sekolah bertujuan: (1) memahami sarana dan prasarana perpustakaan di sekolah menengah pertama. (2) memahami perencanaan sarana dan prasarana perpustakaan di seekolah menengah pertama. Keywordsperencanaan, sarana dan prasarana perpustakaan. | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.377-383 | Article metrics10.31604/ptk.v4i3.377-383 Abstract views : 5396 | PDF views : 2263 | Cite | Full Text Download | 
References
Harahap, Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: Wal ashri Publishing.
Matin dan Fuad Nurhattati. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindoo Persada.
Rahman, Abdul (2019). “Manajemen Perpustakaanâ€. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindak Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Muri A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, Pawit M., dan Yahya Suhendar. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana-Perdana Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




