 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(2) Slamet Sholeh
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(3) Mimin Maryati
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPendidikan kewirausahaan sebaiknya ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin. Semangat kewirausahaan merupakan sesuatu harus dilalui dengan tahap yang panjang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau mereka yang tidak berada dilingkungan yang menanamkan jiwa kewirausahaan. Banyak lembaga pendidikan yang hanya mengedepankan akademik tanpa memperhatikan pendidikan kewirausahaan sehingga banyak pula peserta didik yang lulus sebagai tenaga pekerja buka pencipta lapangan pekerjaan. Pada proses pembentukan jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, terdapat proses pembentukan karaktker peserta didik melalui pembelajaran dan pembiasaan tentang kewirausahaan  sedini mungkin. Dalam prosesnya  jiwa kewirausahaan akan membentuk kekratifitasan peserta didik dalam berfikir dan bertindak. Melalui kreatifitas tersebut jiwa kewirausahaan peserta didik akan terus menerus berkembang karena dengaan kekreatifitasaan tersebut muncul ide-ide dan permikiran pemikiran yang baru dan lebih inovatif. Keberhasilan suatu pendidikan kewirausahaan dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya : (1) peserta didik mampu mengembangkan ilmu kewirausahaan. (2) lingkungan kelas peserta didik mampu mengembangkan kebiasaan sesuai dengan pendidikan kewirausahaan sesuai dengan yang telah diarahkan. (3) lingkungan sekolah sebagai lingkungan belajar yang bernuansa kewirausahaan KeywordsKewirausahaan, kreatifitas | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.384-389 | Article metrics10.31604/ptk.v4i3.384-389 Abstract views : 1484 | PDF views : 2641 | Cite | Full Text Download | 
References
Harahap, Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: Wal ashri Publishing.
Sandiasa Gede. 2009. Media Pembelajaran. Depok: Rinika Cipta.
Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindak Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Muri A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Jamil, Latief. 2017. Kiat Sukses Menjadi Wirausah. Jakarta: Universitas Panji Sakti
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Handayani. 2019. Menggapai Mimpi melalui Entrepeneurship. Jakarta: Uki Press
Priyono. 2016. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Alnedral. 2015. SPORT Entrepeneurship: Konsep, Teori, dan Praktik. Padang: FIK-UNP Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




