UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDEMPUAN

(1) * Jalilah Azizah Lubis Mail (Pendidikan Biologi UMTS Padangsidempuan,, Indonesia)
(2) Ahmad Muliadi Mail (Pendidikan Biologi UMTS Padangsidempuan,, Indonesia)
(3) Iskandar Safri Hasibuan Mail (Pendidikan Biologi UMTS Padangsidempuan,, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaranEdutainment berbasis karakterpada pokok bahasan sistem reproduksi pada manusiadi kelas IX-CMTs Muhammadiyah 22 Padangsidempuan T.P 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakankelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Tiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperolehhasil angket minat dengan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 53,17% sementara pada siklus II diperoleh hasil persentase 80,13% (meningkat 26,96% dari kriteria cukup menjadi kriteria baik).Hasil observasi memperoleh nilai persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,43% sementara pada siklus II diperoleh hasil persentase 80% (meningkat 22,57% dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik). Hasil tes membuktikan dari 25 siswa terdapat  jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 (52%) pada siklus I menjadi 20 orang (80%) pada siklus II(meningkat 28%). Penelitian ini disudahi pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai dan memenuhi kriteria ketuntasan sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan strategi pembelajaranEdutainment berbasis karakter pada masa pandemicovid 19, ternyata dapat meningkatkan minat, aktivitas danhasil belajarIPAsiswa pada pokok bahasan sistem reproduksi pada manusiadi kelas IX-CMTs Muhammadiyah 22 Padangsidempuan TP 2020/2021


Keywords


Minat, Edutainment Berbasis Karakter, Reproduksi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v4i1.67-74
      

Article metrics

10.31604/ptk.v4i1.67-74 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Bambang, Suharsono, SrikiniMaryati, S, etal. Pratiwi.D.A, 2006.Buku SMA Kelas IX-C, Jakarta: Penerbit Erlangga

Daryanto, 2014, Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Djamarah, Syaiful, 2011, Pisikilogi Belajar, Jakarta :Rineka Cipta

Istarani, 2011, Strategi pembelajaran Inovaif, Medan: Media Persada

Surihatiningrum, Jamil, 2013, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Arruzz Media.

Marlina, 2011, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Penerapan Strategi pembelajaran edutainment di Kelas VII SMP Negeri Mangunsari 05

Ngalimun, 2014.Strategi dan Strategi pembelajaran, Banjar Masin: Aswaja

Nugraheni, Arry, 2011, peningkatan 18 Hasil Belajar Pokok Pahasan Sifat-sifat Cahaya Strategi pembelajaran edutainment di SMP Bangsari

Sudjana,2008, Metode Statistik, Bandung:Tarsito

Riyanto, Yatim, Dr, H, Prof, 2009, Paradigma Baru Pembelajaran, Surabaya: Kencana

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus, 2010, CooverativeLearnig dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.