(2) Ahmad Muliadi
(3) Iskandar Safri Hasibuan
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaranEdutainment berbasis karakterpada pokok bahasan sistem reproduksi pada manusiadi kelas IX-CMTs Muhammadiyah 22 Padangsidempuan T.P 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Tiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperolehhasil angket minat dengan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 53,17% sementara pada siklus II diperoleh hasil persentase 80,13% (meningkat 26,96% dari kriteria cukup menjadi kriteria baik).Hasil observasi memperoleh nilai persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,43% sementara pada siklus II diperoleh hasil persentase 80% (meningkat 22,57% dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik). Hasil tes membuktikan dari 25 siswa terdapat jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 (52%) pada siklus I menjadi 20 orang (80%) pada siklus II(meningkat 28%). Penelitian ini disudahi pada siklus II karena indikator keberhasilan telah tercapai dan memenuhi kriteria ketuntasan sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan strategi pembelajaranEdutainment berbasis karakter pada masa pandemicovid 19, ternyata dapat meningkatkan minat, aktivitas danhasil belajarIPAsiswa pada pokok bahasan sistem reproduksi pada manusiadi kelas IX-CMTs Muhammadiyah 22 Padangsidempuan TP 2020/2021 KeywordsMinat, Edutainment Berbasis Karakter, Reproduksi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i1.67-74 |
Article metrics10.31604/ptk.v4i1.67-74 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Bambang, Suharsono, SrikiniMaryati, S, etal. Pratiwi.D.A, 2006.Buku SMA Kelas IX-C, Jakarta: Penerbit Erlangga
Daryanto, 2014, Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Djamarah, Syaiful, 2011, Pisikilogi Belajar, Jakarta :Rineka Cipta
Istarani, 2011, Strategi pembelajaran Inovaif, Medan: Media Persada
Surihatiningrum, Jamil, 2013, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Arruzz Media.
Marlina, 2011, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Penerapan Strategi pembelajaran edutainment di Kelas VII SMP Negeri Mangunsari 05
Ngalimun, 2014.Strategi dan Strategi pembelajaran, Banjar Masin: Aswaja
Nugraheni, Arry, 2011, peningkatan 18 Hasil Belajar Pokok Pahasan Sifat-sifat Cahaya Strategi pembelajaran edutainment di SMP Bangsari
Sudjana,2008, Metode Statistik, Bandung:Tarsito
Riyanto, Yatim, Dr, H, Prof, 2009, Paradigma Baru Pembelajaran, Surabaya: Kencana
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, Agus, 2010, CooverativeLearnig dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






Download