IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ABAD 21 MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

(1) * Ardianto Ardianto Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Indonesia)
(2) Ernawati Ernawati Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Abad 21 ditandai dengan era keterbukaan dimana kehidupan manusia mengalami perubahan-perubahan fundamental yang berbeda dengan tatanan kehidupan abad sebelumnya. Keterampilan yang dibutuhkan saat ini adalah pendekatan saintifik yang menekankan pada pendekatan ilmiah dan inkuiri yang mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada pembelajaran biologi siswa dituntut memahami konsep, fakta, teori dan hukum secara mendalam yang dapat memberikan kepuasan intelektual, namun kenyataannya pembelajaran biologi yang diajarkan di SMA Negeri 7 Bulukumba masih belum maksimal, karena guru lebih kepada transfer pengetahuan saja yang menyebabkan terjadinya kesenjangan antara guru dan siswa dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak mampu mengembangkan konsep, prinsip yang sudah ada sebelumnya. Akibatnya hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang diharapkan yaitu 75. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua kelompok subjek,  satu kelompok mendapatkan perlakuan menggunakan pendekatan saintifik dan  satu  kelompok  sebagai  kontrol menggunakan pendekatan konvensional (ceramah dan tanya jawab). Hasil menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar, dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 66,58, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 46.


Keywords


Pendidikan Abad 21, Hasil Belajar Biologi, Pendekatan Saintifik

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v4i1.14-22
      

Article metrics

10.31604/ptk.v4i1.14-22 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Akmaliyah, M. 2015. Perbedaan Hail belajar melalui Pendekatan Saintifik berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edunomic. Vol 3 (2). Hal 215-228.Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati. Cirebon

Ali, S. at. 2009. Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Unila, 3(1), 23–31. Unila. Lampung

Budiyanto,M.A.K. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Educational Conference. ISSN:2528-5742), Vol 13 (1) 2016; 46-51. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang

Kuntari, E.M. 2015. Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya. Yogyakarta.

Rahmatiah. 2015. Pendekatan Saintifik sebagai Solusi dalam Pembelajaran Biologi. Artik. e-Buletin Media Pendidik. LPMP Sulsel 1–18 . Makassar

Rahmat. 2017. Rancangan kuasi eksperimen : Sekedar penyegaran kembali dasar-dasar. Workshop Nasional Eksperimen Peneiti Ilmu Sosial Indonesia, (2002), 1–24.

Rakhmawati, I. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XIS 3 SMAN Jayaloka Tahun Pelajaran 2014/2015. J. Edukasi Matematika dan Sains 3, 62–66. Universitas PGRI Madiun. Madiun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.