KORELASI DUKUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

(1) * Nenni Hairani Harahap Mail (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Erna Ikawati Mail (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Lingkungan belajar memiliki peranan penting dalam membentuk keberhasilan akademik dan perkembangan psikologis siswa sekolah dasar. Dalam konteks pendidikan dasar, dukungan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat sering kali menjadi penentu utama keberhasilan siswa dalam mengatasi berbagai hambatan belajar. Namun, tidak semua siswa memperoleh dukungan lingkungan yang memadai, sehingga muncul kesulitan belajar yang memengaruhi prestasi dan motivasi mereka. Studi ini dimaksudkan guna menganalisis hubungan antara dukungan lingkungan belajar dengan tingkat kesulitan belajar siswa sekolah dasar. Penelitian memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di beberapa sekolah dasar negeri, yang ditetapkan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang mengukur dua variabel utama, yaitu tingkat dukungan lingkungan belajar (meliputi dukungan keluarga, sekolah, dan masyarakat) serta tingkat kesulitan belajar siswa (meliputi aspek akademik, motivasional, dan perilaku). Data dianalisis dengan pengujian korelasi Pearson Product Moment dengan berbantuan program statistik. Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara dukungan lingkungan belajar dan tingkat kesulitan belajar siswa (r = -0,64; p < 0,05). Temuan ini memperlihatkan bahwa semakin tinggi dukungan lingkungan belajar yang diterima siswa, maka semakin rendah tingkat kesulitan belajar yang mereka alami. Dukungan emosional, perhatian orang tua, kualitas interaksi guru, serta lingkungan sosial yang positif terbukti berperan besar dalam meningkatkan kesiapan dan konsentrasi siswa. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif guna meminimalisasi kesulitan belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia

Keywords


dukungan lingkungan belajar, kesulitan belajar, siswa sekolah dasar, korelasi, pendidikan dasar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v8i4.1380-1391
      

Article metrics

10.31604/ptk.v8i4.1380-1391 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Akhfina Husda, Rizky, Dina Ayu Rachma Ilmiana, and M Bahri Arifin. “Peran Lingkungan Belajar Dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmu Multidisiplin 1, no. 2 (2025): 86–94.

Assyifa Nadhah Nainggolan. “THE INFLUENCE OF ENVIRONMENT AND FACILITIES ON STUDENT LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS.” International Journal of Students Education 2 (2024): 247–250.

Durroh, Lum’Atud, Tri Joko Raharjo, Harianingsih Harianingsih, Bambang Sumbali, and Nuni Widiarti. “Classroom Environment and Metacognitive Strategies to Support Beginning Reading Skills: A Systematic Literature Review.” Journal of Innovation and Research in Primary Education 4, no. 3 (2025): 485–496.

Fitria, Risa, and Aulia Putri Pangesti. “Parental Involvement During Online Learning: A Study Among Low-Income Families in Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 7, no. 1 (2023): 67–75.

Given, Lisa. “Purposive Sampling.” The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods 2, no. November (2012): 1–9.

Idris, Muh., Merdi F. Mamonto, Sabil Mokodenseho, and Wily Mohammad. “The Role of Islamic Education in the Formation of the Nation’s Character.” West Science Islamic Studies 1, no. 01 (2023): 27–33.

Janah, Nur, Aldo Setiawan, Helena Anggraeni Putri, and Deny Hadi Siswanto. “Assistance of Digital Information Systems to Improve Learning Quality in Vocational Students.” Dedicated: Journal of Community Services (Pengabdian kepada Masyarakat) 3, no. 1 (2025): 251–262.

Jones, Cat, and Olympia Palikara. “How Do Parents and School Staff Conceptualize Parental Engagement? A Primary School Case Study.” Frontiers in Education 8, no. July (2023): 1–12.

Marsella DesriyariniGui, Mohamad Akuba. “Analysis of Learning Difficulties in Class V Elementary School Science Material.” Journal of Education Method and Learning Strategy 1, no. 1 (2024): 70–78.

Maryani, Ika, Noven Kusainun, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Muhammad Nur Wangid, and Ali Mustadi. “Parents’ Roles in Overcoming Elementary Students’ Learning Difficulties.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 7, no. 4 (2018): 305.

Nugraha, Andre Eksaputra, Minsih Minsih, and Murfiah Dewi Wulandari. “Exploring the Challenges of Children with Special Needs in the Learning Process at an Inclusive Primary School in Surakarta.” BIS Education 1 (2025): V125011.

Ritonga, Rahmilawati, Seleksi Niat, Three Gulo, Novi Kristina Purba, Christian Simanjuntak, Dini Arlina Situmorang, and Vitri Yasinta Pardosi. “Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar : Faktor Penyebab Dan Strategi Penanganannya.” Indonesian Journal Of Education 2, no. 1 (2025): 247–250.

Rizki Septa Hardhita, Fatchur Rahman, Wulan Fatikhah Luswandari, Slamet, Ade Eka Anggraini. “Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Sekolah Dasar Ditinjau Dari Perspektif Teori Belajar Behaviorisme Edward Lee Thorndike.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 10, no. 01 (2024): 58.

Rohmah, Siti, Dessy Putri Wahyuningtyas, Nanda Saputra, Agus Nugroho, and Trimey Liria Hutauruk. “Analysis Of The Factors That Cause To Learning Difficulties Among Elementary School Students In The Digital Era.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no. 2 (2022): 253–259. https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2566.

Werang, Basilius Redan, Anak Agung Gede Agung, Riane Johnly Pio, Edmond Leonard Jim, Sandra Ingried Asaloei, Djeinnie Imbang, Seli Marlina Radja Leba, and Desca Angelianawati. “Exploring the Effect of Parental Support and School Environment on Student Academic Achievement: A Survey Study.” International Journal of Religion 5, no. 5 (2024): 345–357.

Yang, Dong, Peng Chen, Kai Wang, Zhuoran Li, Chen Zhang, and Ronghuai Huang. “Parental Involvement and Student Engagement: A Review of the Literature.” Sustainability (Switzerland) 15, no. 7 (2023): 1–17.

Yusdasari, M, A Ambarita, and ... “Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” … Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2020): 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/20529%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/20529/14399.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.