
(2) Wilda Musyarrofah

(3) Lukluk Ibana Ibana

(4) Suprianto Suprianto

(5) Hairuni Indrasari

(6) Khalifatur Rahman

*corresponding author
AbstractTermodinamika merupakan materi yang sulit dipahami oleh banyak siswa karena konsepnya yang abstrak dan kompleks. Metode pengajaran tradisional dianggap masih kurang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menawarkan pendekatan berbasis masalah kontekstual dalam dunia nyata, menjadikannya pilihan yang meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran materi termodinamika kelas XI B1 di SMAN 2 Pamekasan. Setiap siklus yang digunakan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mencakup tahapan untuk mempersiapkan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan dari 48,40% pada Pra Siklus menjadi 76,30% pada Siklus I dan selanjutnya menjadi 91,32% pada Siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa paradigma PBL berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa untuk menyelesaikan kesulitan terkait termodinamika.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v8i3.1171-1191 |
Article metrics10.31604/ptk.v8i3.1171-1191 Abstract views : 6 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Aulia, A., & Wulandari, D. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah. AL-IRSYAD: Journal of Physics Educations, 4(1), 18–31.
Dewi, S., Dwikoranto, & Setiani, R. (2024). Analisis Efektivitas dan Respon Peserta Didik terhadap Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Usaha dan Energi. Inovasi Pendidikan Fisika, 13(2), 143–151.
Fauzia, T. I., Suprayitno, I. J., & Susilawati, P. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE), 1(1), 31–38.
Gumisirizah, N., Muwonge, C. M., & Nzabahimana, J. (2024). Effect of Problem-Based Learning on Students’ Problem-Solving Ability to Learn Physics. Physics Education, 59(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1361-6552/ad0577
Hidaayatullaah, H. N., Dwikoranto, Suprapto, N., Mubarok, H., & Wulandari, D. (2020). Implementation of Problem Based Learning to Train Physics Students’ Problem Solving Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012053
Indriyani, L., & Pratama, F. W. (2021). Analisis Kemampuan pemecahan Masalah Siswa Materi Bangun Datar Berdasarkan Pemecahan Masalah IDEAL. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol 12(2), 199–211.
Kinanti, A. A., & Nurita, T. (2025). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Physics Toolbox untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 5(1), 586–594. https://doi.org/10.52562/biochephy.v5i1.1598
Kurniawan, E., & Sofyan, H. (2020). Application of Problem Based Learning Model to Improve Problem Solving Ability of Student of XI Science Grade in Chemistry. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012014
Lestari, A. P., Fitriani, N., & Bernard, M. (2025). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Teknologi Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 8(1), 81–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i1.24468
Maidendi, A. N., & Andika, R. (2025). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Pengukuran Volume. Jurnal Edu Research: Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 6(1), 28–33.
Mukarima, U. S., Wawan, Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155.
Mukin, M. U. J., Maing, C. M. M., & Jeliman, G. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Tekanan Zat di SMP Negeri 7 Kupang Tengah. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11 – 18.
Napis, N., & Rahmatulloh, R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Schoology Terhadap Pemecahan Masalah Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 270–281. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.94
Odja, A. H., Hasan, M., & Mursalin, M. (2022). The Effect of Problem Based Learning Applied With Blended Learning on Students’ Problem Solving Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 7(3), 248–255. https://doi.org/10.26737/jipf.v7i3.3249
Pasaribu, Y. H., Sari, L., & Sinaga, W. A. (2025). Identification of Student Misconceptions on Photoelectric Effect Materials Using Four-Tier Diagnostic Test. Golden Ratio of Data in Summary, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.52970/grdis.v5i1.846
Rahmah, N. (2021). Model Pencampuran Konsep Fisika Dan Penalaran Matematika Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 47–55. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7929
Rahmana, F., Susilawati, S., & Kosim, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Video pada Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 588–593. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1237
Ramdhani, R., Harjono, A., & Wahyudi, W. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 256–263. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4966
Ramli, Z., Sunaryo, & Serevina, V. (2021). E-Book Static Fluid and Dynamic Fluid Web-Based with a Problem-Based Learning Model to Improve Students Physics Problem-Solving Skills Z. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012001
Rizkia, D., Ruqoiyyah, S., & Afifurrahman. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas V SDN 32 Ampenan Tahun Pelajaran 2024 / 2025. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1321–1327.
Sandi, T., Purwaningsih, S., & Hasibuan, M. H. E. (2024). Analysis of Students’ Cognitive Structure through the Assimilation and Accommodation Framework on Work and Energy Material. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 10(1), 26. https://doi.org/10.25273/jpfk.v10i1.19856
Santuthi, P. C. P., Suardana, N., & Wijana, N. (2020). The Effect of Problem Based Learning Learning Model on Problem Solving and Critical Thinking Ability of Class Viii Students in Smpn 1 Singaraja of Science. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012046
Setiyani, & Winanto, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 205–215. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.171
Suryani, I., Maidiyah, E., Salasi, & Mardhiah, M. Z. (2020). Students’ Mathematics Problem-Solving Skills Through the Application of Problem-Based Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012029
Ummi, S., Derlina, Aningsih, S., Situmorang, H., & Solikin. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 6(1), 95–102.
Vajari, R., Sumo, M., Robiz, M. N. Z., Hidayat, F. A., MS, S. I. K., & Jailani, A. Q. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Model PjBL pada Pelajaran Fisika di MA Al-Djufri. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(4), 201–214.
Wisic, M. I., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 229–232. http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/4676
Yanto, F., Festiyed, F., & Enjoni, E. (2021). Problem Based Learning Model for Increasing Problem Solving Skills in Physics Learning. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 53–65. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1870
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.