
(2) Ristra Sandra Ritonga

*corresponding author
AbstractMasa anak-anak merupakan masa rasa ingin tahunya tinggi sehingga selalu mencari tahu hal-hal baru yang membuat anak-anak pensaran tanpa memikirkan konsekuensinya. Seringkali, jika kita berada di tempat umum akan menemukan peristiwa dimana anak akan menangis, berteriak, hingga menghentakkan dan menendang kakinya jika sesuatu hal tidak terwujud. Tantrum merupakan salah satu masalah yang terjadi pada spek perkembangan emosional anak, dimana anak tidak bisa mengontrol emosinya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Play Therapy merupakan salah satu proses terapi yang diberikan kepada klien dengan cara bermain sehingga klien atau anak akan lebih senang saat menjalankan terapi tersebut. Adapun tiga tahapan pelaksanaan play therapy yaitu (1) rancangan treatment; (2) pelaksanaan treatment; dan (3) evaluasi treatment. Dalam menunjang pelaksanaan play therapy terdapat beberapa metode yaitu: (1) Permainan boneka; (2) bercerita; (3) kotak pasir; dan (4) menggambar. Play therapy diharapkan menjadi penerapan yang tepat untuk mengatasi sikap tantrum. KeywordsAnak Usia Dini, Play Therapy, Temper Tantrum
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v8i3.595-603 |
Article metrics10.31604/ptk.v8i3.595-603 Abstract views : 8 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Alhadi, S. (2016). Play Therapy: Sebuah Inovasi Layanan Konseling Bagi Anak Usia Dini. In Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah (Vol. 03, Issue 3).
Dewi, A. R. T. (2022). Peran Layanan BK AUD dalam Menangani Anak Tantrum. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 62–68.
Kristlyna, E., Psikologi, F., Surabaya, U., & Raya Kalirungkut, J. (2022). Efektivitas Play Therapy dalam Menurunkan Kecemasan pada Pasien Anak di Rumah Sakit Ananta Yudiarso. Jurnal Sains Psikologi, 11(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.17977/um023v11i22022p155-164
Lestari, W. A., Putri, C. E., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2021). Pengelolaan Perilaku Tantrum Oleh Ibu Terhadap Anak Usia 12-48 Bulan. Proyeksi, 16(1), 208–219.
Nadhiroh, A. (2018). Startegi Penanganan Anak Pada Fase Tantrum (Studi Perbandingan di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran dan di TK Muslimat NU 65 Futuhatul Ulum Desa Roomo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). In Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Piaud (Vol. 01, Issue 03).
Pramardika, D. D., Hinonaung, J. S. H., Mahihody, A. J., & Wuaten, G. A. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Trauma Healing Pada Anak Usia Dini. Faletehan Health Journal, 7(02), 85–91. https://doi.org/10.33746/fhj.v7i02.131
Purwo Hartanto, A., Tamyizatun Nisa, A., & Astuti Agustriyana, N. (2019). Intervensi Play Therapy Untuk Mengatasi Trauma Kekerasan Pada Anak Usia Dini. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.49
Ritonga, R. S., Munisa, & Hendrawan, J. (2022). Rancangan Play Therapy Untuk Anak Broken Home. Jurnal Pendidikan Dan Kosneling Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023, 5(2), 351–356.
Ritonga, R. S., Munisa, & Hendrawan, J. (2023). Play Therapy untuk Psikologis Anak Usia DIni di Lingkungan Keluarga Broken Home. Tahta Media Group.
Rohmah, N. A. N. (2021). Modification of Tantrum Behavior Through Games and Time-out Methods in Early Children. Early Childhood Education and Development Journal, 3(2), 93–101. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Santy, W. H., & Irtanti, T. A. (2014). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Temper Tantrum Pada Anak Usia 2-4 Tahun Di Paud Darun Najah Desa Gading, Jatirejo, Mojokerto. Journal of Health Sciences, 7(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v7i1.490
Seni, P., & Fariza, D. (2017). Perilaku Tantrum pada Anak TK Rahmat Al Falah Kelompok B Palangkaraya. SULUH Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 6–11.
Syahri, L. M., & Ifdil, I. (2019). Penggunaan Play Therapy dalam Mengurangi Rasa Trauma Anak yang Mengalami Kekerasan Seksual. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 48. https://doi.org/10.23916/08402011
Wulansari, M. (2015). Identifikasi Perilaku Tantrum Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Marditama. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 1–10. journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/376/342
Zellawati, A. (2011). Terapi Bermain untuk Mengatasi Permasalahan pada Anak. Majalah Ilmiah Informatika, 2(3), 164–175.
Zumara, Y. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Temper Tantrum pada Anak Usia 2-5 Tahun di Kelompok Bermain (KB) Kasih Ibu ULU Danau Kabupaten Oku Selatan [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.