UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION (STAD)

Muhammad Darwis, Mutiara Lubis

Abstract


Masalah kreativitas belajar siswa yang tergolong rendah, metode mengajar bersifat monoton sehingga membosankan, dan rendahnya hasil belajar biologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kreativitas belajar biologi siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Sedangkan metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Hasil tes belajar pada siklus I yang lulus dengan nilai di atas KKM hanya 12 orang (44,44%). Sedangkan dari hasil penelitian di siklus II ini peneliti menyimpulkan bahwa penelitian cukup sampai di siklus ini karena peningkatan siswa sudah mencapai 77,77% atau 21 orang dari 27 orang siswa termasuk pada kategori baik. Hasil observasi belajar biologi selama kegiatan penelitian belajar mengajar dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) siklus I dengan persentase (75%) dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase (87,5%) dengan demikian minat belajar siswa termasuk kategori baik. Hasil angket kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus I dengan persentase (62,96%), sedangkan pada siklus II dengan persentase (96,3%) hasil ini termasuk kategori baik. Berdasarkan data di atas kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, 2011, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Grafino Persada.

Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika., Bandung : Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.178-184

Article Metrics

Abstract view : 628 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.