ANALISIS MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH DASAR

Aulia Putri Nasution, Exsa Lanty Sri Rezeki Sinaga, Heti Fadilah, Julius Sinaga, Salsalina Br Surbakti, Sherinna Alya Rahmita, Siti Nurfadhilla, Theresya Br Kembaren, Laurensia Masri Perangin-angin

Abstract


Manajemen sangat penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan tidak dapat dipisahkan dari komponen pendidikan secara keseluruhan. Tujuan yang ditetapkan oleh sekolah tidak akan tercapai tanpa manajemen. Hal pertama yang harus dipersiapkan saat menerima mahasiswa baru adalah perencanaan. Sekolah sebaiknya menganalisa keadaan sekolah agar penerimaan siswa baru dapat dilaksanakan dengan benar dan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan penerimaan siswa baru di sekolah dasar. Tahapan penerimaan siswa baru yaitu pembentukan komisi penerimaan siswa baru, pertemuan untuk mengidentifikasi siswa baru, penyusunan, pengiriman atau pengumuman, pendaftaran calon siswa baru, pemilihan siswa baru, penentuan siswa yang diterima, dan pendaftaran ulang mahasiswa baru yang diterima. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur (pendekatan kualitatif). Adapun hasil penelitian adalah pengelolaan siswa baru di sekolah dasar yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan atau evaluasi dan pelaporan.

Keywords


Manajemen, mahasiswa, penerimaan, syarat pendaftaran, seleksi.

Full Text:

PDF

References


Asih, D., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 12(2), 205-214.

Nizarman, N. (2015). Manajemen Penerimaan Siswa Baru. Manajer Pendidikan, 9(2).

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119-125.

Wianti, W. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Sekolah Dasar Al-Fath Cirendeu Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 1-27.

Zainal, Z., Tuken, R., & Natsir, S. (2021). Studi Deskriptif Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.167-172

Article Metrics

Abstract view : 4558 times
PDF - 2401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.