ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN SEKOLAH DI SD

Etika Suri, Saudur Nainggolan, Feby Surya Handari, Miranda Agita Jabat, Agung Rizki Pratama, Dewi Haijah Samosir, Suci Maharani, Natasya Dita Ardana, Laurensia Masri Perangin-angin

Abstract


Manajemen adalah suatu rangkaian yang mengatur kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan agar berdaya guna bagi pembangunan dan segala keperluan perubahan dalam masyarakat dengan strategi yang jelas yang dianut dalam suatu sistem yang efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu manajemen sekolah di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka. Studi literatur ini dilakukan dengan mencari beberapa sumber tertulis berupa buku, arsip, jurnal, artikel dan jurnal, serta dokumen yang dapat memudahkan peneliti untuk mendapatkan informasi tentang peran kepala sekolah dalam pembangunan. kualitas pendidikan. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dan dilanjutkan tanpa terputus sampai selesai sehingga datanya jenuh. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: pengumpulan data, kategorisasi data, penyajian data, dan penjumlahan. Data yang telah dianalisis kemudian diinterpretasikan dan dirumuskan kembali melalui pembahasan deskriptif.

Keywords


Manajemen, Kepemimpinan, Mutu, Peran

Full Text:

PDF

References


Adenia Shifi Adibah, A. S. A., & Roni Muslikah, M. ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MI AL-ISLAM KAUMAN SUKOREJO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Repository FITK UNSIQ.

Fathonah, B. I., & Ayuni, R. (2022). Analisis Peran Kepala Sekolah SDN 22 Kepahiang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Tahun Ajaran 2019–2020. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 313-320.

Hakpantria, H., Langi, W. L., & Pabane, A. W. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 6 Kesu’. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 7-20.

Lestari, L., & Putra, E. D. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri 001 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 327-336.

Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138-149.

Syafrizal, F. (2017). Peran kepala sekolah dalam pengembangan manajemen sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di SD plus islam excellent bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 65-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.158-166

Article Metrics

Abstract view : 1308 times
PDF - 885 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.