MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU BELAJAR SISWA

Delvi Damayanti, Elni Hutasoit, Fitri Natasya, Kristina Situmorang, Mianda Maya, Nurlia Sihombing, Repelina Hutasoit, Winda Tarigan, Laurensia Masri Perangin-angin

Abstract


Pendidikan masyarakat merupakan program penting dan mendasar yang memerlukan perhatian serius dari berbagai pemangku kepentingan. Hal ini dikarenakan fungsi pendidikan adalah membangun dan membentuk karakter serta peradaban bangsa.Agar dapat menerapkan MBS secara efektif dan efisien, guru perlu melakukan inovasi dalam meningkatkan pengelolaan kelas. teladan bagi siswa di kelasnya. Untuk memotivasi siswa belajar, kelas harus memiliki suasana yang disiplin dan menyenangkan. Kreativitas dan kecerdikan guru dalam mengimplementasikan MBS perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan. Pencapaian pendidikan yang bermutu memerlukan pelayanan yang berkesinambungan yang senantiasa menjaga standar mutu yang tinggi, dan tentunya kerjasama antara internal dan eksternal sekolah. Ini selalu didorong dan direncanakan dengan baik. Di Indonesia, pendekatan manajemen sekolah diposisikan sebagai kritik terhadap manajemen pendidikan terpusat yang selama ini terpusat. Pendekatan manajemen berbasis sekolah memberikan kemandirian pengelola sekolah baik dalam manajemen kepemimpinan maupun pengembangan kelembagaan, manajemen program, penyampaian sumber belajar, alokasi sumber daya, dan yang paling penting meningkatkan partisipasi masyarakat di lingkungan sekolah itu sendiri.

Keywords


Manajemen Berbasis Sekolah, mutu belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Aziza, A. & Purvoko, B. (2019) Penelitian literatur landasan teori dan praktik konseling. Buku Harian Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf

Hitaya, N. (2018) Penerapan Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Darul Ilmi Batang (Ph.D., Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Indonesia, Humas (2006). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

JANNAH, HG SDN 02 Peran pengelola sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Bengkulu.

Pasalib, A. (2017) Implementasi manajemen sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i1.984

Prativi. (2020). Manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(1), 86–96. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i1.578




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.136-144

Article Metrics

Abstract view : 1027 times
PDF - 975 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.