PENERAPAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NIHAYATUL AMAL RAWAMERTA

Eva Fakhiroh, Undang Ruslan Wahyudin, Taufik Mustofa

Abstract


Peneliti melakukan penelitian ini didasari dengan yang melatar belakangi kemerosotan akhlak pada remaja khusus nya pada jenjang pendidikan menengah pertama dengan rendahnya kepribadian yang dimiliki yang disebabkan oleh kemerosotan akhlak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya akhlak yang dimiliki oleh siswa yaitu seperti budaya barat yang telah mengkontaminasi pendidikan agama islam sehingga budaya islam membias dan tidak berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan terhadap metode pendidikan akhlak dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Nihayatul Amal Rawamerta. Jenis Penelitian ini merupakan jenis Kualitatif yang mana peneliti melakukan observasi dengan merumuskan hasil temuan dilapangan melalui penuangan dengan pendeskripisan kata-kata, dengan menggunakan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi sebagai bahan untuk dapat memperoleh informasi yang ada dilapangan sebagai hasil dari penelitian. pengelolaan data hasil yang di temukan dilapangan menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan sebagai hasil dari temuan yang ditemukan dilapangan pada saat penelitian. Metode Pendidikan akhlak yang diterapkan di SMP Nihayatul Amal Rawamerta Karawang adalah dengan menjadikan Al-qur’an dan hadits Sebagai landasan berakhlak siswa untuk menumbuhkan karakter serta kepribadian melalui sumber ajaran agama islam tersebut. hal ini bertujuan untuk dapat menciptakan budaya islam pada lembaga pendidikan serta siswa yang memiliki akhlak mulia.


Keywords


Kata Kunci: Penerapan Metode, Pendidikan Akhlak.

Full Text:

PDF

References


Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Al-Utsaimin, Muhammad Ibn Shalih. (1429). Min Musykilah asy-Syabab. Riyad: Mu‟asasah Syaikh Muhammad Ibn Shalih al-Utsaimin Al-Khairiyah.

Al-Utsaimin, Muhammad Ibn Shalih. (1429). Min Musykilah asy-Syabab. Riyad: Mu‟asasah Syaikh Muhammad Ibn Shalih al-Utsaimin Al-Khairiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.101-105

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.