METODE RESITASI PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK MUHAMMADIYAH 3 DOLOPO TAHUN AJARAN 2021/2022

Noviatoni Jauhari, Budi Santoso, Muhammad Sayuti, Tri Kuat

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan  metode resitasi pada pelajaran Bahasa Inggris; (2) Kelebihan pengunaan metode resitasi pada pelajaran Bahasa Inggris dan (3) Kendala yang ditemukan dalam penerapan metode resitasi pada pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Kab. Madiun . Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas X DKV SMK Muhammadiyah 3 Dolopo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode resitasi pada pelajaran Bahasa Inggris dari fase pemberian tugas, pelakasanaan dan pertanggungjawaban tugas yang telah dibuat; (2) Kelebihan pengunaan metode resitasi dengan pada pelajaran Bahasa Inggris diantaranya: meningkatkan kreativitas siswa, menumbuhkan tanggung jawab siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris siswa, dan memberikan pengalaman baru pada siswa; (3) Kendala yang ditemukan dalam penerapan metode resitasi pada pelajaran Bahasa Inggris nampak pada kurangnya partisipai siswa, sulit mengontrol dan mengawasi tugas yang dikerjakan oleh siswa, tingkat intelegensi siswa yang berbeda, dan terbatasnya daya dukung.


Keywords


resitasi

Full Text:

PDF

References


Al-falah, Y. M., & Khadijah, I. (2022). PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Riset, dan Inovasi, 2(1).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi riset kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Halim, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., . . . Yuniwati, I. (2021). Metode pembelajaran guru. Yayasan Kita Menulis.

ERAWAN AIDID, M. P. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode riset kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa(50).

Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik saat Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227-234.

Ningsih, D. W. (2022). MINDSET DI PIKIRAN PESERTA DIDIK BAHWA BELAJAR BAHASA INGGRIS SANGAT SULIT. Murabbi, 5(1).

Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.82-88

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.