SISTEM SHIFT DAN PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI KRISTEN

Yowenus Wenda, Binsar H Sibarani, Amos P Tambunan, Mella Chettriana Pattinasarane

Abstract


Penyebaran virus corona terjadi hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia dan lebih khususnya di wilayah Papua. Situasi ini berdampak pada sektor pendidikan dalam hal ini pada proses pembelajaran yang mengalami perubahan secara drastis dari pembelajaran onsite atau tatap muka jadi pembelajaran daring dan di masa transisi sekarang ini berubah lagi pola baru yakni penerapan sistem Shift dalam pembelajaran. Permasalahan yang penulis kaji dalam penulisan ini ialah seperti apa dampak positif dan negatif dalam penerapan sistem pembelajaran Shift di masa transisi bagi pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak positif dan negatif terhadap sistem pembelajaran Shift bagi pendidik, peserta didik dan orang tua. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, mengamati, tanya jawab serta dokumentasi menggunakan handphone. Hasil kajian tentang sistem pembelajaran Shift di masa transisi dibagi menjadi dua shift yakni shift pertama: peserta didik mengikuti pembelajaran di sekolah pada pukul 08.00-09.30 sedangkan shift kedua: pada pukul 10.00-11.30 dan pendidik menggunakan metode ceramah, tanya jawab, mengadakan simulasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Tanya jawab, simulasi dan selanjutnya pemberian penugasan untuk dikerjakan di rumah. Dengan demikian, sistem pembelajaran Shift di masa transisi baik untuk guru, siswa dan para orang tua siswa serta semua komponen pada sistem Shift dan pembelajaran budi pekerti Kristen sehingga dapat menggapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki.

Keywords


Kata Kunci: Sistem, Shift, Pembelajaran, Budi Pekerti, Kristen.

Full Text:

PDF

References


Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281–288.

Baety, Dwinda Nur, and Dadang Rahman Munandar. “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476.

David Alprianto. Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VI”. Ponorogo, 2020. http://eprints.umpo.ac.id/5987/4/BAB II.pdf .

Heni Widyaningsih;dkk. “Urgensi,Implementasi,Problematika Dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.” 207. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2021.

Kussuma, Wardana. “Pengembangan Pribadi Guru PAK Dan Siswa Sekolah Dasar Nekbaun” 1, no. Oktober (2021): 188–200.

LN, Syamsu Yusuf. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Rosdakarya, 2019.

Muhtadi, Ali. “Strategi Untuk Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti Secara Efektif Di Sekolah.” Jurnal Dinamika Pendidikan 17, no. 1 (2010): 1–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/6284.

Octapiani, Restika, Desy Hanisa Putri, and Andika Purwanto. “Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Dengan Sistem Belajar Shift Di SMA.” Pendidikan Fisika 10, no. 2 (2021): 120–128.

Rifai. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 3, no. 5 (2014): 1–32. http://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/11.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suryaningsih, Anik. “Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Wahana Didaktika Vol. 17, no. 3 (2019): 335–344.

Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” Kurios 5, no. 1 (2019): 24.

Wenda, Yowenus. Psikologi Pendidikan Handbook Untuk Perguruan Tinggi. Purwokerto, 2022.

Wenda,Yowenus. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: illumiNation Publishing, 2012.

———. Pengantar PAK. Yogyakarta: illumiNation Publishing, 2012.

———. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: illumiNation Publishing, 2012.

Https://Eprints.Uny.Ac.Id/22778/4/4.%20BAB%20II.Pdf, 2005. https://eprints.uny.ac.id/22778/4/4. BAB II.pdf .

“Https://Kbbi.Web.Id/Transisi,” (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.53-66

Article Metrics

Abstract view : 754 times
PDF - 615 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.