IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS APLIKASI E-RKAM DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MA FATHANUL BURHAN TEMPURAN KARAWANG
Abstract
Proses pengembangan serta peningkatan pengelolaan pendidikan di Indonesia seyogianya berorientasi terhadap mutu pendidikan. Pola pengembangannyapun harus adaptif sesuai dengan tuntutan zaman (disruption era). Dalam hal ini pemerintah harus senantiasa melakukan transformasi dari pendidikan konvensional menuju pendidikan digital. Penjaminan mutu dapat dilakukan dengan perencanaan program kerja yang baik serta pelaksanaan evaluasi diri satuan pendidikan yang jujur dan objektif. Artinya harus ada sistem yang mampu mengakomodir keduanya dalam rangka memastikan penjaminan mutu internal satuan pendidikan berjalan dengan baik. Kemenag RI hadir dengan meluncurkan platform e-RKAM, tujuannya adalah untuk menjawab tantangan tersebut. Aplikasi e-RKAM ini merupakan terobosan yang menggabungkan menjadi satu kesatuan utuh antara pelaksanaan EDM dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan dan pengorganisasian implementasi aplikasi e-RKAM ini serta bagaimana keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Maka untuk mengetahui kedua hal ini harus dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teknis analisis data triangulasi sumber data agar ke objektifitasannya terjamin. Peneliti memilih MA Fathanul Burhan Tempuran dikarenakan merupakan salah satu MA yang masuk ke dalam fase pertama penerapan e-RKAM dilingkungan Kementerian Agama. Setelah dilakukan penelitian dengan metode tersebut didapatkan hasil bahwa proses perencanaan dan pengorganisasian implementasi aplikasi e-RKAM sudah sesuai dengan pedoman penggunaan dan standar operasional prosedur e-RKAM, kemudian keberhasilan dalam rangka peningkatan mutu pendidikanpun masuk ke dalam kategori baik dengan melihat perbandingan data antara Skor Kinerja Pencapaian Mutu tahun 2020 dan tahun 2021.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Jendral Pendidikan Islam. (2020a). Panduan Penggunaan e-RKAM. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://mrc.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2020/10/Panduan-Penggunaan-e-RKAM_v.1.0-Sept-2020.pdf
H M Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara.
Hendarman. (2014). Kendala-Kendala Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 74–85.
Husaini, U. (2020). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta
Tapscott, D. (2017). The digital economy, promise and peril in the age of networked intelegence . Mc Graw-Hill
Tyas, F. N., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gresik). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 89–99.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.44-52
Article Metrics
Abstract view : 3055 timesPDF - 1437 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.