ANALISIS EUCS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-VOTING BEM UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT

Two Wedi Andika, Irsyadunas Irsyadunas, Anggri Yulio Pernanda

Abstract


Kepuasan pengguna sangat penting dipertimbangkan dalam pengembangan sistem informasi, pada tahun 2019 sistem informasi e-voting di buat oleh mahasaiswa pendidikan informatika dan sistem informasi tersebut sudah di gunakan dalam 3 tahun terakhir untuk melakukan pengembangan terhadap sistem informasi e-voting  perlu di lakukan penelitian baik dari segi keamanan, ketergunaan, dan kepuasan pengguna. Penelitian ini yaitu mengukur tingkat kepuasan mahasiswa, menggunakan metode EUCS, metode ini pertama kali di kembangkan oleh doll & torkzadeh pada tahun 1988, dan metode ini efektif dalam mengukur tingkat kepuasan terhadap pengguna sistem informasi. Penelitian ini di lakukan pada Universitas PGRI Sumatera Barat dengan sampel mahasiswa aktif angkatan 2018 yang aktif pada semester ganjil 2022 dengan banyak sampel yaitu 91 orang pada berbagai prodi, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan survei yang di berikan kepada sampel penelitian menggunakan google from sebagai platfrom pengumpulan survei tersebut. Dan hasil dari EUCS terhadap kepuasan pengguna secara simultan (Uji-f) yaitu Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulakn bahwa dimensi EUCS memiliki pengaruh postif secara bersamaan pada kepuasan pengguna, dan untuk pengujian secara parsial  (Uji-t) dimensi keakuratan, ketepatan waktu memiliki nilai Thitung > Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diteima berarti dimensi tersebut memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Anover, I. P., Hutabri, E., & Irsyadunas. (2019). Perancangan Sistem Pemetaan Digital Objek Wisata Mandeh Berbasis Web di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Edik Informatika, 5(1), 1–9.

Pratama, A., Irsyadunas, & Fajraini, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Praktik Kerja Lapangan Di Smk Negeri 2 Padang Panjang. 1(1), 42–47. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12947/

Sari, A. P., & Syamsuddin, M. A. (2018). Analisis Faktor End User Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna: Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Madya Balikpapan. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 1(2), 92–101. https://doi.org/10.31092/jpi.v1i2.196

Stkip, P. E., Sumatera, P., Novializa, R., & Rini, F. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Dengan Metode EUCS Pada Mahasiswa. 8(2), 213–218.

Yusriannur, M. (2019). Aplikasi E-Voting Berbasis Web Untuk Menunjang Pemilihan Presiden Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Eprints Dinus, 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.34-38

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.