PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PENCETAKAN DI SMK NEGERI 3 MUKOMUKO
Abstract
Mata pelajaran desain grafis pencetakan Kelas XI Multimedia mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Desain Grafis Pencetakan, sehingga belum adanya media pembelajaran yang mendukung hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Project Based Learning yang valid dan praktis pada Mata Pelajaran Desain Grafis Pencetakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memilki 5 tahap (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Mukomuko yang berjumlah 68 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validator media dengan rata-rata 0,89 dalam kategori “Valid”, sedangkan validator materi 0,93 dengan rata-rata dalam kategori “Valid” dan penilaian guru dengan persentase mencapai 94,16 % dikategorikan “Sangat Praktis”, sedangkan dipraktisan persentase siswa mencapai 89,81 % dengan kategori “ Sangat Praktis”.
Full Text:
PDFReferences
Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning … .. 9, 292–299.
Arrosyida, A., & M.T, S. (2012). Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 Di Smk Negeri 1 Saptosari. Handbuch Psychologischer Arbeitsanalyseverfahren, 2, 515–538.
Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. 448–453.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Embelajaran Nteraktif.
Grafis, K. D. (2020). pengembangan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif mata Pelajaran Fikih Kelas Iv Di Mi Mi Miftahussalam Bandung. 10, 134–144.
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924
Irsyadunas, Thomson Mary, Annika Maizeli, R. lina. (2021). Jurnal riset fisika edukasi dan sains. 8(1), 46–59.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Mair, Z. R., & Supriadi, T. (2017). Media PembelajaranSistem Penerapan pada Manusia berbasis Multimedia. VI(1), 20–30.
Mustofa, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Hybrid Materi Pokok Pengoperasian Kamera Digital Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Siswa Kelas Xi Multimedia Di Smk Negeri 3 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–7.
Nurmaidah, A. (2019). Teknologi Pendidikan. Jurnal Al-Afkar, Vol. VII, 141–156.
Nyihana, E. (2021). Metode PJBL (Projejec Based Learning) Berbasis Scientific Approach dalam Kritis dan Komunikasi bagi siswa.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Plomp, T. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. In Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Ratnasari, K. I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Regina Ade Darman. (2018). Belajar dan Pembelajaran.Padang
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi. 2, 856–864.
Subhan, S., & Kurniadi, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 74. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103755
Supriyadi. (2016). Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran. Stmik Nusa Mandiri Jakarta, VII(September), 38–42.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90–95.
Unik Hanifah Salsabila, Risma Rahma Wati, S. M. dan A. N. R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam dimasa Pendemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.24-33
Article Metrics
Abstract view : 2877 timesPDF - 1032 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.