PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 10 BUNGO

Ayu Sapitri, Sofia Edriati, Bernediv Nurdin

Abstract


Permasalahan yang ada pada mata pelajaran desain grafis khususnya di materi pembelajaran unsur-unsur desain grafis belum memakai media pembelajaran yg mendukung hasil belajar siswa, sebagai akibatnya siswa sulit memahami materi waktu belajar. Penelitian ini bertujuan buat membentuk multimedia interaktif yg valid dan  simpel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Using the ADDIE Development Example (RdanD). Subyek penelitian ini adalah sampel sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data untuk pengembangan multimedia interaktif dalam Adobe Flash CS6 adalah data kuantitatif. dari akan terjadi penelitian ini membagikan nilai homogen-rata uji validitas ahli media sebanyak 1,388 dengan kategori valid dan  pakar materi sebesar 1,272 dengan kategori valid. untuk uji praktikalitas terhadap respon guru mencapai 80,27% dengan kategori sangat simpel dan  buat respon siswa mencapai 82,34% dengan kategori sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Ali, I. T.(2017). Analisis hubungan implementasi multimedia pada learning management system terhadap kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi pembelajaran. Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(1),1-7.http://jst.eng.unri,ac,id/index,php/jst/article/view/96.

Armansyah, Firdaus, Sulton, and Sulton Sulton, and Sulthono Sulton.“ Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar – dasar Animasi.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3):224-229. doi: 10.17977/um038vi32019p224.

Anita Adesti, & Siti Nurkholimah.(2020). Pengembangan Meia Pembelajaran Berbasis Adroid Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutaiment, 8(1), 27-38. https://doi.org/10.35438/e/v8il.221.

Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Embelajaran Nteraktif.

Arina Dina, Mujiwati Endang Sri dan Kurnia Ita."Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar" Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 1 no 2.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). 2(3), 102–106.

Irsyadunas, Thomson Mary, Annika Maizeli, R. lina. (2021). Pengembangan media pembelajaran pemahaman sintak model pembelajaran abad 21 berbasis mobile. sJurnal Riset Fisika edukasi dan sains. 8(1), 46-59

Istiqlal, Muhammad. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. “ JIPMat 2(1).doi.:10.26877/jipmat.v2il.1480.

Kurniawati, Inung Diah, and Sekreningsih- Nita. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.” DoubleClick: Journal Of Computer And Information Technology 1(2):68.doi:10.25273/doubleclik.vli2.1540.

Lenni Khotimah Harahap, A. D. S.(2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasu dan hasil belajar pada materi keseimbangan kimia. 10(01),1910-1924.

Manurung Purbatua.2020. “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.”Jurnal ilmiah Volume 14 No 1.

Muhammad, I., F. Yolanda, D. Andrian, and S. Rezeki. 2022. “Pengembanagn Media Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs6 Profesional Pada Materi Relasidan Fungsi.” Journal of Authentic Research on mathematis education (JARME) 4(1):128-140.

M., Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis. Pada, A., Pelajaran, M., Dan, K., Dasar, J., Sekolah, D. I., Kejuruan. 01, 9–15

Putri, Dian Puspita Eka, and Ali Muhtadi. 2018 “ Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasi Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(1):38-47.doi:10.21831/jitp.v5il.13752.

Oktariyanti Ditania, Frima Aren, and Febriandi Riduan.2021”Pengembangan media Pembelajaran Online Berbasis Game edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Basicude Volume 5 no 5 2580-3735.

Putri, Saysthin; Purwati. 2019. “perbandingan kadar protein susu cair Uht full cream pada penyimpanan suhu kamar dan suhu lemari pendingin dengan variasi lama penyimpanan dengan metode Kjelbhal 18(1):212-214.

Ratnasari, R. V, and Y. Ariani. 2021. “pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar dan hubungan pangkat dua” jurnal of basic education studies 4 (1).

Rohayati, Y., Astra, I. . B., & Suwiwa, I. G. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Rekreasi. Jurnal IKA, 16(1), 33. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19824

Rezeki, sri. 2018. “Pemanfaatan adobe flash CS6 berbasis problem based learning pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers”. Jurnal pendidikan tambusai 2(4):856-864

Sasela, Yeni R., Muhammad Amir M, and Riskan Qadar. 2017. “ interactive multimedia development based on adobe flash cs6 profesional on learning of chemical equilibrium”. JKPK (Jurnal kimia dan pendidikan kimia) 2(2):80.doi:10.20961/jkpk.v2i2.11978

Septiyani, Eka, and M. Tohimin Apriyanto. 2019. “Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk tingkat smp”. JKPM (Jurnal kajian pendidikan matematika) 5(1):153.doi:10.30998/jkm.v5il.5230

Sugiyono. 2017. ,etode penelitian kuantitatif,kualitatif dari R&D.

Sugiyono.2019”Metodelogi penelitian pengembangan (R&D) Dalam Bimbingan Dan Konseling”Quanta.Bandung.

Triyantyo, B.Feladi, V dan Fatmawati, E. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi pengembangan jaringan sederhana. September, 215-222.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.7-16

Article Metrics

Abstract view : 1390 times
PDF - 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.