PENGARUH PERMAINAN KARET TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PENELITIAN KUANTITATIF EKSPERIMEN DI TK SHAFA ISLAMIC PRE SCHOOL & KINDERGARTEN PERUMNAS KARAWANG

Eva Kholifah, Rina Syafrida, Ine Nirmala

Abstract


Pertumbuhan dan perkembangan motorik dapat mempengaruhi kondisi anak di masa depan. Dengan demikian, orang tua perlu memperhatikan secara maksimal perkembangan dan pertumbuhan fisik dan motorik anak. Hal tersebut dapat membantu orang tua untuk mendeteksi terjadinya gangguan pada gerak fisik dan motorik anak. Pemanfaatan permainan pada pendidikan anak usia dini mampu mendorong siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hal tersebut disebabkan oleh permainan yang merupakan hal menarik dalam dunia anak-anak. Sehingga hal dengan pemanfaatan permainan dalam pembelajaran akan mempermudah menyampaikan informasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan karet pada anak usia 5-6 tahun terhadap kemampuan motorik kasarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dnegan pemanfaatan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 carayaitu pemberian pre-test, treatment, dan post-test. Peneliti memperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik anak dengan pemanfataan media permainan karet dalam proses pembelajaran. Inovasi dan kreativitas guru dalam memilih media sebagai alat untuk menyampaikan materi pembelajaran sangatlah penting. Karena dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat maka akan akan lebih cepat menyerap stimulus yang diberikan guru. Dan dengan menggunakan media yang tepat maka anak tidak akanjenuh.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, M. A., Karyanto, Y., & Khairati, W. (2018). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN The Influence of Traditional Game Jump Rope Towards Gross Motor Skill Development In Children Aged 5-6 Years Old. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce

Sa’diyah, C. (n.d.). Penerapan Permainan Loncat Karet Gelang Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B TK Islam Mutiara Surabaya.

Ullan, Y., Syukri, M., Dian, D., Program, M., Pendidikan, S., Anak, P., & Dini, U. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DENGAN MEDIA BIJI KARET DI TAMAN KANAK-KANAK.

Hotimah, I., Kamila, I. N., & Endang, U. (2017). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Engklek. Tarbiyah Al-Aulad, 2(2), 1–8.

Susanti, Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 80–89.

Marsella, D. (2020). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Irama Di PAUD Anugrah Asiyiyah Kota Bengkulu.

Yuliani Nurani., T. M. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain. 11, 386–400

Mayangsari, D., & Umroh, V. (2014). Peran keluarga dalam memotivasi anak usia dini dengan metode quantum learning. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 76–82. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3550




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.615-627

Article Metrics

Abstract view : 2412 times
PDF - 758 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.