SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS AL-FURQON KAWALI
Abstract
Setiap manusia memiliki fitrah dengan kebersihan yang dimilikinya pada saat dirinya dilahirkan. Fitrah ini sebagai bentuk awal yang diibaratkan kertas putih kosong tanpa tulisan. Sehingga anak dapat menjadi seperti apa tergantung dengan hal apa yang diajarkan kepada nya sebagai tulisan didalam kertas putih tersebut (fitrah). karakter merupakan bentuk kegiatan yang meliputi tingkah laku, ucapan, dan sikap yang diekspresikan oleh seseorang melalui dasar kebiasaan nya. Agar seseorang memiliki karakter yang baik maka diperlukan adanya pembentukan dalam karakter pada anak agar terciptanya karakter yang baik yang dimilikinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan menuangkan data yang didapatkan dilapangan dengan deskriftif. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ialah pembentukan karakter di Mts Al-furqon Kawali Karawang ini memiliki peningkatan dengan sekolah berbasis boarding school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoname. (2011). Profil & Pedoman Penyelenggaraan Pondok Pesantren Mu’adalah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniah & Pondok Pesantren.
Aqib, Z dan Sujak. (2011). Panduan& Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Ibrahim, R. (2015). Bertahan di Tengah Perubahan. Yogyakarta: UNU Surakarta Press bekerja sama dengan Sibuku.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Octavia, L dkk. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.575-580
Article Metrics
Abstract view : 335 timesPDF - 334 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.