PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT ASH-SHOLIHAH TAMBELANG

Futri Juliana, Rina Syafrida, Ine Nirmala

Abstract


Ilmu pengetahuan yang distimulus untuk anak usia dini sangat mempengaruhi proses perkembangan dan pertumbuhan anak. Karakter baik pada anak merupakan tujuan utama dari proses stimulus anak terhadap ilmu pengetahuan. Sehingga hal tersebut dapat menciptakan sumber daya yang unggul dan berkualitas. Dengan demikian, di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, anak memiliki kesiapan yang optimal dalam perkembangannya. Minat anak dalam belajar di masa pra-sekolah menentukan hasil pembelajarannya. Minat anak yang cenderung rendah akan menghasilkan output yang tidak maksimal. Guru yang mampu memberikan pembelajaran dengan efektif dapat membangun minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Melihat terjadinya permasalahan minat anak yang kurang dalam pembelajaran di TKIT Ash-Sholihah Tambelang, maka penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Loose Parts terhadap peningkatan minat belajar anak usia dini. Peneliti memilih penggunaan metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian memanfaatkan pre-test, pemberian treatment, dan post-test. Peneliti memperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan minat belajar anak usia 4-5 tahun di TKIT Ash-Sholihah dengan menggunakan metode Loose Parts. Pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan efektif mempengaruhi minat belajar anak. Dengan demikian, minat belajar anak yang meningkat akan mempengaruhi kinerja belajar sehingga dapat menciptakan output yang maksimal dan mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti menyarankan penggunaan media yang menarik dan efektif oleh guru dalam pembelajaran. Hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dan hasil belajar anak.

Full Text:

PDF

References


Dalimunthe, H. A. (2021). Social Library. 1(2), 17–21.

Elfiadi. (2017). Kecerdasan jamak pada anak usia dini. Itqan, 8(2), 35–52.

Hayati, F., Bina, U., & Getsempena, B. (2021). P-ISSN Jurnal Ilmiah Mahasiswa MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN STEAM DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LOOSE PART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF. 2(1).

Nasution, R. H., & Fridani, L. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 733–746. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2021). Efektivitas Permainan Detumbar ( Dengarkan , Temukan gambar ) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. 5(1), 814–822. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724

Akmal, A. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK. 3.

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, J. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tadulako, U. (2021). PENGARUH MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK BANGSA PALU Oleh :

Islam, P., & Usia, A. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung dan mengenal konsep bilangan melalui media loose parts pada anak kelompok a di ra bina amanah kota batu.

Syafrida R, (2020). Inovasi media CB Hoop pada aktifitas motoric kasar Anak selama belajar dari rumah. JURNAL ISLAMIC EARLY CHILDHOOD, Vol. 5, No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.563-574

Article Metrics

Abstract view : 2469 times
PDF - 1570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.