EFEKTIVITAS PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE PADA SMK NEGERI 1 RAO SELATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas sistem manajemen platform pembelajaran LMS. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas/WAN (TJBL). Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dimana kelompok eksperimen dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol,skor wide area network technology/WAN (TJBL) untuk kelas eksperimen rata-rata 77,39 dengan standar deviasi (s) 8,42. Sedangkan pada kelas kontrol, Wide-Based Network Technology/WAN (TJBL) rata-rata 67,57 dengan standar deviasi 7,47. Berdasarkan analisis data akhir ini, kami menemukan thitung = 5,350 dan ttabel = 1,665. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis peneliti bahwa media Learning Managemnet System (LMS) berbasis Moodle efektif terhadap hasil belajar siswa diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Abdullah, S. 2012. Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Teori Dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Archambault, J. (2008). “The Effect Of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior To Introducing Algebraic Problem Solving Techniques”. Concentration In Physics. Arizon State University.
Bunayati, B. (2021). Snat ) Siswa Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Masbagik. Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Google Clasroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi (Lintas Minat) Siswa Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Masbagik, 9(2), 57–64.
Djaka. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. Surakarta: Pustaka Mandiri Surakarta
F. Komendangi, R. M. & L. L. (2020). Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Learning Management System ( Lms ) Moodle Di Program. Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Learning Management System (Lms) Moodle Di Program Studi Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi, 2.
Handayaningrat, Seowarno. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi Dan Manajemen, Jakarta: Cv. Haji Masagung.
Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Lilis Ardini, U. S. I. & E. (2020). Jkbm The Effectiveness Of Using E-Learning As Learning Media. Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19 The, 7(November), 72–81. Https://Doi.Org/10.31289/Jkbm.V7i1.4333
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: Pt Remaja Sordakarya.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.
Nugroho, S. (2013). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma 5 Semarang. Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma 5 Semarang Skripsi.
Oktavia, M., & Prasasty, A. T. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan. Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test, November, 596–601. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.439
Permana, P. (2013). Efektivitas Penerapan Learning Management System ( Lms ) Dalam Meningkatkan Kemampuan. Efektivitas Penerapan Learning Management System (Lms) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman, 2(2), 136–151.
Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, 4.
Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Develering Knowledge In The Digital Age. Usa: Mcgraw-Hill Companies.
Setya Raharja, L. D. P. & A. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Lms ( Learning Management System ) Dengan Pengembangan Software Moodle ( Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment ) Di Sman Kota Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System ( Lms )) Dengan. Model Pembelajaran Berbasis Lms (Learning Management System) Dengan Pengembangan Software Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) Di Sman Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta Tim, November.
Solikha, N., & Rasyida, I. (2019). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan, 11, 31–42.
Sudiana, R., & Si, M. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online, 9(2), 201–209.
Sudjana, Nana. 1990. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi Ui.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yana, D. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa The Efect Of Using Lms Platforms As Learning Media Based Blended Learning Toward Students ’ Learning Achievement Pendahuluan Era Glob. Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa The, 8(1), 1–12.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.589-596
Article Metrics
Abstract view : 553 timesPDF - 460 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.