PENGGUNAAN METODE DEMONSTASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PUISI DI MTS NURUL BAHRI KARAWANG
Abstract
Pembelajaran merupakan kegiatan untuk dapat meningkatkan serta menambah ilmu pengetahuan. Dengan demikian hal ini tidak terlepas dari proses pembelajaran untuk dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui efektifitas pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan segala hal yang terjadi dilapangan sebagai data hasil penelitian untuk dapat di kaji melalui penyajian data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwasannya metode merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan. Dalam penggunaan metode demonstrasi siswa dapat meningkatkan kemampuan nya untuk dapat membaca puisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Agresindo. Djamarah, SB. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarti. (2010). Pengembangan Metode Demonstrasi. Bandung : Rosdakarya
Syah, M. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutikno, S.M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.550-554
Article Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.