PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 1 PAMANUKAN

Taufik Tumewu Nopransyah, H Amirudin, Iqbal Amar Muzaki

Abstract


Perbaikan kualitas suatu pendidikan ditentukan dari penyiapan SDM untuk berpartisipasi pada sistem pendidikan. Kinerja guru merupakan salah satu dari faktor yang dapat menentukan baik buruknya kualitas hasil belajar dan menempati posisi yang penting. Oleh karena itu, segala upaya perbaikan kualitas pendidikan harus memberi perhatian yang besar pada peningkatan jumlah dan kualitas guru. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini melihat sebagai multidimensi, utuh dan berubah. Dengan cara ini, penelitian dapat dilanjutkan sepanjang proses, memungkinkan modifikasi konsep berdasarkan situasi dan keadaan sekarang ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan penjelasan tentang gejala yang diamati. Tidak harus dalam bentuk angka. Pemimpin menggerakkan anggotanya agar lebih kreatif, berani untuk menyampaikan pendapat, dan memecahkan masalah dengan memakai pendekatan lain yang menggunakan kebijaksanaan serta akal fisik. Seorang pemimpin yang kompeten bisa mendukung serta memelihara hubungan yang solid dengan anggota untuk secara konsisten memperbaiki kinerjanya Strategi kepala sekolah untuk peningkatan keterampilan guru di SMP Negeri 1 Pamanukan ialah meningkatkan tenaga pendidik dengan kerjasama, memberikan kesempatan kepada guru untuk memajukan profesinya, dan mendorong partisipasi seluruh tenaga pendidik dalam berbagai pekerjaan di sekolah. Kepala sekolah menggunakan sejumlah taktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, termasuk mendorong guru untuk berpartisipasi dalam kegiatan proses pembelajaran, membantu mereka dalam persiapan sumber belajar, dan menerapkan pembinaan terstruktur dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pemimpin, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.


Keywords


Kata Kunci : Pemimpin, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


Amirudin, & Muzaki, I. (n.d.). Rendering Learning Approach With Islamic Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. Diambil dari /doi/10.4108/eai.17-10-2019.2289728

Amirudin, Nurlaeli, A., & Muzaki, Amar, I. (2020). PENGARUH METODE REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7.

Ekosiswoyo, R. (2016). Pendidikan, Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 79.

Khalid, A. (2019). KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 LORE UTARA. Jurnal Ilmiah Administratie, 12.

Mulyadi, Aunurrahman, & Masluyah. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Program Studi Magister Fakultas Keguruan Universitas Tanjungpura Pontianak, 14.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosada.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. (Lutfiah, Ed.). Surabaya: Sahabat Cendekia.

Nurjaman, Sholeh, S., & Muzaki, I. (2020). PERAN GURU PAI DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V DI SDN TELUKJAMBE I KARAWANG. AL YASINI: Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian dalam bidang Keislaman dan Pendidikan, 5.

Peraturan Pemerintah RI. (2005). Undang-undang RI No.14 Tentang Dosen Dan Guru Bab 1 Pasal 1. Jakarta.

Qistiyah, E., & Karwanto. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8, 271–284.

Rafid, R., & Tinus, A. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7.

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. (A. Rofiq, Ed.). Surabaya: Jakad Media.

Sandi, A., Amirudin, & Sitika, A. (2021). 265PERANANGAYA MENGAJAR GURUDALAM MENINGKATKAN MOTIVASISISWATERHADAP HASIL BELAJAR DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN SINDANGMULYA IV CIBARUSAH. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persasda Rosdakarya.

Yahdiyani, N., & Muna, A. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualita peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Jurnal of Education, Psychology, and counseling, 2, 330.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.531-539

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.