MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) KELAS KELAS X DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) SMK MUHAMMADIYAH 3 DOLOPO

Sulthan Abdul Hakim, Edhy Susatya, Budi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode belajar Project Based Learning (PjBL) yang ada di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo. Pada penelitian ini mengambil subjek sebanyak 29 peserta didik di semester genap 2021-2022 pada kelas X program studi Desain Komunkasi Visual (DKV). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan menerapkan 2 siklus (pertemuan). Tes hasil belajar merupakan data penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mengunakan metode belajar Project based learning (PjBL) di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil observasi awal menunjukkan sebesar 62% peserta didik tuntas KKM, setelah diadakan perlakuan hasil tes, pengamatan, dan nilai proyek menunjukkan jumlah prosentase yang lebih besar yakni 93,5% siswa tuntas KKM, yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,5%.

Full Text:

PDF

References


Agustin, A. B., & Santosa, B. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran implementasi kejuruan di SMK Muhammadiyah Lumajang. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 5(1), 75-79.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar peserta didik. Journal Education And Development, 8(2), 468-468.

Kokotsaki, D., MenziesV, & Wiggins, A. (2016). Project-based learning : a review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Nani, & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal Of Educational Review And Research, 2(1), 55-62.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Media Nusa Creative (MNC Publishing).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.89-94

Article Metrics

Abstract view : 1055 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.