UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI BERMAIN PUZZLE DI TKQ AL-FATONAH KARAWANG BARAT

Afiva Epriliani, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah sehingga perlu perhatian khusus untuk dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa. Oleh sebab itu penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah melalui metode yang digunakan oleg guru dengan bermain puzzel sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan mendeskripsikan penelitian dengan menggunakan pengumpulan data wawamcara, observasi, dan dokumentasi, melalui analisis yang digunakan ialah penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan sebagaimana teori miles dan huberman. Penelitian ini disajikan dalam bentuk narasi untuk menyajikan hasil temuan yang ditemukan dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya pembelajaran yang dilakukan dengab metode puzzel sebagai upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah sudah efektif. Hal ini dikarnakan siswa bermain puzzel dan membetulkan nya sesuai dengam huruf hijaiyah yang tertera di dalam puzzel. Sehingga pembelajaran ini menarik siswa untuk mengikuti pembelajaran dan tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Sehingga hasil dari pembelajaran dengan menggunakan metode puzzel ini menghasilkan hasil belajar yang optimal.


Keywords


Upaya Guru, Huruf Hijaiyah, Bermain Puzzle.

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Astuti, Yuli. (2016). Cara Muda Asah Otak Anak (Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Sehari-Hari Peningkat Kecerdasan Otak Kanan-Kiri Anak. Bandung: Flash Books.

Daryanto (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya

Helmawati, (2015), Mengenal Dan Memahami PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purnama, Sigit. (2017), Pembelajaran Al-Qur’an untuk Anak usia Dini, Yogyakarta: State Islamic University Sunan Kalijaga.

Satori, Djam’an. Komariah, Aan, (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suyadi, Maulidya Ulfah, (2015), Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.484-490

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 734 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.