UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTSN 5 KARAWANG

Rohmat Hidayat, Undang Ruslan Wahyudin, Taufik Mustofa

Abstract


Sebagai seorang pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar didalam kelas harus memiliki inovasi serta pembelajaran yang menginspirasi. Hal ini dikarenakan seorang guru merupakan sebagai salah satu pemegang ujung tombak dan komponen dalam sistem pendidikan sehingga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter pada siswa MTsN 5 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif yang mana pada peneltian ini data dan hasi penelitian disajikan melalui kosa kata atau narasi yang menjelaskan terkait penelitian yang telah dilakukan. Pada penelitian ini peneliti memberikan gambaran terkait karakter disiplin siswa serta memberikan penanganan sebagai solusi dalam melakukan pembelajaran di MTsN 5 Karawang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini ialah mennggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukan bahwasan nya peran guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa sangat berperan penting. Hal ini dikarnakan seorang guru bukan saja memberikan materi akan tetapi menjad seorang pembimbing, pendidik, pelatih, teladan dan sebagai evaluator. Peran guru di MTsN 5 Karawang dalam membentuk karakter siswa sudah cukup baik melalui metode-metode yang digunakan nya.


Keywords


Karakter disiplin, Guru Akidah Akhlak, MTsN 5 Karawang

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. (2009). Pendidikan Karakter (Utuh dan Menyeluruh). Yogyakarta: PT Kanisius.

Djatmika, Rahmat. (1996). Sistem Etika Islam. Surabaya: Pustaka Panjimas

KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia

Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-Maliki Press.

Vebrianto, St., et.al. (1993). Kamus Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Wahyudin. (2009). Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak. Semarang: PT Karya Toha Putra




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.441-446

Article Metrics

Abstract view : 1425 times
PDF - 687 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.