URGENSI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Naila Khoerunnisa, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Metode pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengajar. Kemampuan guru tersebut mencakup berbagai aspek, di antaranya penguasaan terhadap materi pembelajaran, penguasaan terhadap media pembelajaran, juga penguasaan terhadap metode pembelajaran. Metode pembelajaran menjadi salah satu hal yang berperan signifikan untuk mencapai kesuksesan pendidikan, termasuk di dalamnya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kesuksesan ini terlihat dari mutu pendidikan yang dicapai oleh sekolah. Siswa tidak hanya menguasai secara materi secara teoritis, tetapi juga siswa dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata. Ada banyak metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ragam metode tersebut berguna untuk memudahkan guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan cara, tujuan dan teknik yang berbeda agar materi tersebut dapat tersampaikan secara maksimal, dan yang paling penting adalah harus sesuai dengan syari’at Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur (kepustakaan) dengan mencari beberapa sumber dari buku-buku dan jurnal. Adapun hasil dari penulisan ini disimpulkan bahwa: (1) metode pembelajaran merupakan jalan atau cara dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat terlaksana dan tercapai secara sistematis dan menyeluruh, 2) guru bisa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang ada guna memudahkan penyampaian materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Urgensi, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 24-31.

Al-Amin, N. K. (1994). Tarbiyah Rasulullah. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipiner. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z., & dkk. (2011). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lufri. (2006). Strategi Pembelajaran Biologi, Teori, Praktik dan Penelitian. Padang: UNP Press.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.334-346

Article Metrics

Abstract view : 28146 times
PDF - 8335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.