THE EFFECTIVENESS OF WRITING DIARY ON STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT: A QUASI-EXPERIMENTAL RESEARCH

Sarah Aslamiyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang keefektifan menulis buku harian pada kemampuan menulis teks recount menulis siswa pada jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental) dan menggunakan siswa SMP kelas VIII di sekolah tersebut sebagai populasi dalam penelitian ini. Dua kelas sebagai sampel penelitian dipilih untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa menulis diary dan kelas kontrol diajar dengan metode ceramah. Pretest dan posttest digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa kelas eksperimen adalah 77,75 yang mana lebih tinggi dari nilai kelas control yaitu 69,58. Selain itu, hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa to (nilai t) lebih tinggi dari pada tt (1,7 < 2,60 > 2,4). Dengan kata lain, terdapat keefektifan menulis diary pada kemampuan menulis teks recount menulis siswa kelas delapan di salah satu SMP di Jakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat merangsang dan mengawali penelitian selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Alfiyah, N. (2019). Problems Faced by Indonesian Efl Learners in Writing Argumentative Essay (A Descriptive Study at the Fourth Semester Students of English Department Unismuh Makassar). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aristyawan, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Suarnajaya, I. W. (2018). The Effect of Diary Writing on Students' Competence in Writing Recount Texts at SMA Negeri 1 Sukasada in Academic Year 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 5(2). Ketentuan umum penulisan daftar Pustaka.

Bazir, A. H. (2016). The Role of Writing Diary in a Classroom. JIEB, 169-174.

Chaisiri, T. (2010). Implementing a Genre Pedagogy to the Teaching of Writing in a University Context in Thailand1. Language Education in Asia, Volume 1,, 2010: 181-199.

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Essex, UK: Longman, 2004.

Harmer, J. (2004). The Practice of English Language Teaching. London and New York: Longman, 1991.

Karani, E. (2008). Area of Problems in Writing. Jurnal Pendidikan Innovatif; Jilid 4, No.1.

Langan, J. (2002). English Skills with Reading. New York: Mc Graw Hill Higher Education, 2002.

Richard, J. C & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Taqil, H. A., Akbar, R. S., Al-Nouh, N. A., & Dashti, A. A. (2015). The Effect of Diary Writing on EFL Students' Writing and Language Abilities. British Journal of Education, 75-91.

Tuan, LT. (2010). Enhancing EFL Learners’ Writing Skill via Journal Writing.English Language Teaching. Published by Canadian Center of Science and Education Vol. 3, No. 3.

Utami, C.N & Apsari, Y. (2020). Students’ Difficulties in Writing Recount Text Through Project Based Learning. PROJECT (Professional Journal of English Education) Volume 3, No. 5.

Wafa, A., Syafei, M., & Riyono, A. (2010). Keeping Journal Writing to Improve the Writing Ability of the Tenth Grade Students of SMAN 1 Jekulo Kudus in the Academic Years 2009/2010.

Yulianti, N. (2014). Improving the Writing Skills Through Diary Writing of the Tenth Grade Students of SMA N 1 Ngemplak. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.108-113

Article Metrics

Abstract view : 3913 times
PDF - 1189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.