MANAJEMEN KURIKULUM DALAM EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMK MA’ARIF WALISONGO KAJORAN MAGELANG

Ita Nurmalasari

Abstract


Manajemen kurikulum merupakan jantung dari kegiatan pendidikan, dengan manajemen yang baik akan tercipta pembelajaran yang efektif. Dalam kegiatan manajemen kurikulum ini memiliki empat fungsi yang saling berkaitan dan berkesinambungan. Fungsi-fungsi tersebut tergabung dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Begitupula dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang memerlukan manajemen kurikulum yang baik guna mencapai efektifitas dalam kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian lapangan dengan terjun langsung ke lokasi SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang yang beralamat di Sidowangi, Kajoran, Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan cara datang langsung ke lokasi dan mewawancarai narasumber, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru dan siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, artikel, website, dan lain sebagainya yang terkait dengan SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang. Setelah pengumpulan data langkah selanjutnya yaitu analisis data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang sudah efektif dalam mencapai efektifitas proses pembelajaran pada era pandemi covid-19. Namun masih mengalami beberapa hambatan.


Keywords


Manajemen Kurikulum, Efektifitas, dan Pembelajaran Daring.

Full Text:

PDF

References


Muri Yusuf, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Kencana, 2017).

Ahmad Munir Syaifulloh dan Mohamamd Darwis, Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19, Vol. 03, No. 02, 2020.

E. Mulyasa, Manajemen Tingkat Satuan pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Ibrahim Nasbi, Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis, Jurnal Manajemen Pendidikan, Jurnal Idaarah, Vol. 1, No. 2, Desember 2017.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya, (Bandung: Syigma Examedia ArkanLeena, 2010).

Lihat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kabupaten Magelang.

Muhammad Fathulillah, Kajian dan Analisi Ta’lim Muta’allim, (Kediri: Santri Salaf Press, 2015).

Muhammad Mustari, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014).

Mumuh Muharam, Statistika Deskriptif, (Padang: Andalas University Press, 2015).

Rasiman, Penelusuran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang Melalui Studi Pelacakan (Tracer Study) sebagai Umpan Balik Penyempurnaan Kurikulum Tahun 2008, Jurnal Media Penulisan Pendidikan, Vol. 2, No. 02, 2008.

Robert E. Slavin, Cooperative Learning; Teori, Riset, Praktik, (Bandung: Nusa Media, 2009).

Teguh Triwiyanto, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).

Tiara Cintiasih. Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas 3 SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020, Skripsi mahasiswi Pendidikan MI Fakultas Tarbiyah (Salatiga: IAIN Salatiga, 2020).

Tutik Rachmawati, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, (Yogyakarta: Gava Media, 2015).

Yustiani, Implementasi Manajemen Kurikulum pada Madrasah Diniyah Sirojut Tholibin Taman Sari Pamekasan, Madura, Jurnal Analisa, Vol. 16, No. 01, 2009.

Zainal Abidin, dkk, Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, e–ISSN 2657-1056, Vol. 06, No. 02, 2020.

Zainal Abidin, dkk, Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, e–ISSN 2657-1056, Vol. 6, No. 02, 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.35-45

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.