IMPLEMENTASI STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA MELALUI MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS

Qoriatul Qudtsiyah, Hinggil Permana

Abstract


ABSTRAK : Sebagai seorang profesional, seorang guru dituntut untuk mampu mengelola kelas, yaitu menciptakan dan memelihara kondisi pembelajaran yang optimal demi tercapainya tujuan pengajaran. Menurut Usman (2003:97) Dari berbagai pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal agar siswa merasa nyaman, merasa saling memiliki dan betah belajar di lingkungan sekolah. kelas, dan menciptakan kondisi untuk belajar. Diharapkan prestasi belajar siswa dapat meningkat dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, kehidupan di dalam kelas, khususnya dalam proses belajar mengajar, hubungan antara guru dan siswa tidak selalu merupakan hubungan yang hierarkis, tetapi potensi guru dan siswa dapat dimanfaatkan secara merata dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam upaya mencapai tujuan. belajar mengajar. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat meningkatkan peran dan kompetensinya, guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Menurut (Usman, 2003:97) mengemukakan peran guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut: (a) guru sebagai demonstrator, (b) guru sebagai pengelola kelas, (c) guru sebagai mediator dan fasilitator dan (d) guru sebagai evaluator.(e) manajemen kelas, belajar, siswa. strategi mengajar guru menggunakan strategi pembelajaran yang memiliki model yang beragam diantaranya strategi pembelajaran menggunakan pendekatan individu dan pendekatan kelompok, metode pembelajaran agar guru dan siswa lebih mudah dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikuasai oleh seorang guru.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Baedowi, d. (2015). Potret Pendidikan Kita. Tangerang Selatan: PT. Pustaka Alvabet.

Amtu, Onisimus. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep. Strategi. dan Implementasi. 2011. Bandung: Alfabeta.

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Penterjemah Achmad Fawaid.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Moh.Uzer Usman,Menjadi Guru Profesional (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2004)

Mulyasa, 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia.2003 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung :Alfabeta.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.80-89

Article Metrics

Abstract view : 2083 times
PDF - 784 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.