PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA ASISTEN KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Laily Fitriani, Budi Santosa

Abstract


Komunikasi menjadi komponen penting dalam bidang keperawatan sebab merupakan modal utama dalam proses pengimplementasian tindakan-tindakan keperawatan. Asisten perawat dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik secara terapeutik. Ada beberapa hal yang menjadi problem siswa saat melaksanakan komunikasi terapeutik. Siswa belum sepenuhnya memahami dengan baik komunikasi terapeutik sehingga dalam penerapannya belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi terapeutik siswa setelah penerapan metode role playing. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa kelas XII Asisten Keperawatan SMK Muhammadiyah Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Instrument yang digunakan adalah Ceklis Observasi – Demonstrasi/ Praktik Komunikasi Interpersonal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan tingkat kompetensi siswa dalam kemampuan komunikasi terapeutik secara signifikan. Kenaikan poin kompetensi komunikasi terapeutik siswa pada setiap aspeknya sebesar 22% hingga 50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi terapeutik siswa kelas XII Asisten Keperawatan SMK Muhammadiyah Lumajang tahun pelajaran 2021/2022.


Keywords


komunikasi terapeutik, role playing

Full Text:

PDF

References


Amoah, MKA; Anokye, R; Boakye, DS; Acheampong, E; Budu-Ainooson, A; Okyere, E; Kumi-Boateng, G; Yeboah, C; Afriyie, JO. (2019). A qualitative assessment of perceived barriers to effective therapeutic communication among nurses and patients. BMC Nursing, 18, 2-8.

Anggraeni, AD. (2018, April). Metode role playing dalam pembelajaran profesi kependidikan. Jurnal pendidikan progresif, VIII, 29-35.

Apriliyanti, R; Saptyasari, A & Puspa, R. (2021, Agustus). Komunikasi terapeutik perawat untuk meningkatkan konsep diri pasien skizofrenia. Jurnal ilmu komunikasi, 19, 158-171.

Arikunto, S; Suhardjono & Supardi. (2021). Penelitian tindakan kelas edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, A & Sulfemi, WB. (2018, Maret). Metode role playing berbantu media audio visual pendidikan dalam meningkatkan belajar IPS. Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan sosial Indonesia, 3, 41-46.

Faisol, A; Yudianto, A; Kahar, H; Astuti, SD. (2021, April). Relationship of therapeutik communication and healing between nurse and patient. Malaysian journal of medicien and health sciences, 99-102.

Krianawati, KMS & Yanti, NPED. (2021, November). Pembelajaran video role play meningkatkan keterampilan komunikasi terapeutik perawat di rumah sakit. Jurnal ilmu keperawatan jiwa, 4, 685-692.

Lamiah; Azis, N & Mira. (2020). Hubungan karakteristik perawat dengan praktik komunikasi terapeutik perawat-klien di Puskesmas Malili Kab. Luwu Timur tahun 2016. Jurnal lontara kesehatan, 1, 67-76.

Leite, EG; Kusuma, FHD & Widiani, E. (2017). Hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada pasien yang dirawat di unit perawatan kritis rumah sakit UNISMA. Nursing News, 2, 286-294.

Maier, HR; Baron, J; et al. (2017). Using online roleplay simulations for teaching sustainability principles to engineering students. International journal of engineering education, 23, 1162-1171.

Muhith, A & Siyoto, S. (2018). Aplikasi komunikasi terapeutik nursing & health. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Paju, W & Dwiantoro, L. (2018, Maret). Upaya meningkatkan komunikasi efektif perawat - pasien. Jurnal Keperawatan, 10, 28-36.

Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Samsibar, S & Naro, W. (2018). The Effectiveness Of Role Play Method Toward Students Motivation In English Conversation. ETERNAL, 4, 107-116.

Sarfika, R; Maisa, EA; Yuliharni, S; Putri, DE; Erwina, I; Wenny, BP; Fatmadona, R; Novrianda, D. (2020, Maret). Pelatihan komunikasi terapeutik guna meningkatkan pengetahuan perawat dalam caring. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3, 79-87.

Sari, YN. (2018). The urgency of developing trust and interpersonal communication skills of students trhough role playing. KONSELOR, 89-94.

Suardani, L. (2019). Meningkatkan minat & hasil belajar siswa dalam berkomunikasi bahasa inggris melalui metode role playing pada mata pelajaran memproses reservasi siswa. Journal of education action research, 3, 60-65.

Sulastri; Trilianto, AE & Ermaneti, Y. (2019, Februari). Pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operasi. Jurnal keperawatan profesional (JKP), 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.100-107

Article Metrics

Abstract view : 2030 times
PDF - 617 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.