ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BERDASARKAN GENDER MATERI PENCERMINAN
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP terhadap pembelajaran berbasis video berdasarkan gender pada materi pencerminan. Penelitian kualitatif deskriptif dipilih menjadi metode penelitian ini. Total subjek penelitian sebanyak 2 peserta didik yaitu: satu perempuan dan satu laki-laki dengan akumulasi nilai ulangan harian tertinggi pada semester ganjil pada kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama. Teknik penelitian memanfaatkan wawancara dan tes tertulis. Pada penelitian ini terdapat 6 indikator Kemampuan pemahaman matematis diantaranya, mengidentifikasi sifat-sfat suatu konsep, mengenal berbagai makna interpretasi konsep, mengubah suatu representasi ke dalam bentuk representasi lainnya, merepresentasikan suatu konsep dalam bentuk model, diagram, simbol, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, serta mendefinisikan konsep secara tulisan dan verbal. Selanjutnya, hasil penelitian diperoleh bahwa dari kedua subjek, Subjek A yaitu laki-laki terlihat mampu memahami video yang diberikan, ini diketahui dari hasil Subjek A yang tidak terlihat mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal setelah menyaksikan video. Kemudian untuk Subjek B yaitu perempuan juga terlihat mampu untuk memahami video yang telah diberikan, ini juga bisa terlihat melalui hasil jawaban yang telah Subjek A maupun Subjek B berikan kepada peneliti yang tidak terlihat mengalami kesulitan setelah menonton video lalu mengerjakan soal yang diberikan. Pada sesi wawancara juga sangat terlihat bahwa Subjek A dan Subjek B memiliki kemampuan pemahaman matematis yang baik dan tinggi. Subjek sama sekali tidak kebingungan saat diberikan pertanyaan mengenai jawaban yang sudah dikirim. Sehingga, didapatkan kesimpulan bahwa keduanya mampu memahami materi matematika dengan pembelajaran berbasis video tidak terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aftarina, Y., Fadillah, S., & Susiaty, U. D. (2021). Pengembangan Video Kreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Smp. 3(22), 276–289. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/311
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal E-DuMath, 2(1), 128–137. https://core.ac.uk/reader/229584120
Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa Smp pada Materi Lingkaran berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–97. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Mayasari, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. 10(1), 252–261. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 36. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087
Nurhasanah, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Improve Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Diagram. XIV(1), 87–106. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/60
Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smk Kelas Xi Pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 12. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Rahmayanti, M. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pengajaran Langsung Dan Discovery Learning Pada Siswa. https://www.semanticscholar.org/paper/Perbandingan-Hasil-Belajar-Matematika-Antara-Siswa-Rahmayanti/36f827b4f4df397f39d9196dab9652e78b0f7722
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp. 3(2), 150–163. https://doi.org/http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/60
Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53–64. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.453
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.21-34
Article Metrics
Abstract view : 554 timesPDF - 200 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.