PERANAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Qonita Miftahul Jannah, Jalilah Azizah Lubis, Iskandar Safri Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena ditemukan  rendahnya hasil belajar biologi siswakelas X MIA 1SMA Negeri 1 AngkolaTimur . Penelitian ini bertujuanuntuk  mengetahui peningkatan  hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa serta kemampuan guru dalam pembelajaran pada  materi Virus  melalui  penerapan metode Drill. Jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research).dengan sampel 29 orang siswa. Teknik dan alat pengumpul data yaitu  tes, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil tes menunjukkan persentase ketuntasan klasikal (PKK) siklus I sebesar 65,50sedangkan pada siklus II sebesar 86,20% (meningkat 20,07.),.Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan rata-ratahasil observasi  meningkat 10,30% , dan hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh nilai rata-rata observasi pada siklus I sebesar nilai  74,60% sedangkan siklus II sebesar 86% (meningkat 11,40). Data yang didapat diambil kesimpulan  melalui penerapan metode pembelajaran drill  hasil belajar, aktivitas belajar dan pengelolaan pembelajaran biologi meningkat di SMA Negeri 1 Angkola Timur.

Keywords


Hasil belajar, Metode Drill, Virus.

Full Text:

PDF

References


Ani Widayati, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2014

Armai, Arief,Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta:Intermasa, 2002 hlm. 175

C.Sutarsih, dan Nurdin, Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Press, 2010) file:///C:/Users/User/Documents/Bab%202..pdf

Dimyati dan Mudjiono. 2006 Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaramah, Saeful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanto,2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017.

Imansyah Alipandie,Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1995, hlm.100. ImansyahAlipandie, Op. Cit., hlm. 100.

M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, cet. 5, 2010), h. 59-60.

Purwanto, M Ngalim. 1997. SpikologiPendidikan : PT Remaja.

Sagala, S (2005). Konsep dan makna pembelajaran. Banding: CV.

Alfabet Jurnal Pendidianunsika volume 3 nomor 1, Maret 2015.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.593-598

Article Metrics

Abstract view : 500 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.