PENINGKATAN PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP LAPORAN PORTOFOLIO BAHASA INDONESIA KELAS X ( PORTOFOLIO AND FILED EXPERIENCE) DI SMA NURUL ILMI PADANGSIDEMPUAN

Elnila Caniago, Fita Delia Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan model pembelajaran Think-Share-Pair terhadap laporan portofolio siswa di SMA Nurul Ilmi Padangsidempuan. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melaui model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap laporan Portofolio siswa.Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melalukan pra tindakan hasil nilai rata-rata kelas siswa yang masih 60 dengan kreteria ketuntasan yang masih rendah 21 %. Setelah melakuukan ppembelajaran melalui model pembelajaran terdapat pada tindakan siklus I dengan rata-rata 72 nilai tersebut sudah mengalami peningkatan 10 % jika dilihat dari sebelum tindakan atau Pra tindakan. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka dilakukan tindakan siklus II dengan hasil  mencapai rata-rata nilai 85 yang dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan yaitu 25 % dari Pra tindakan. Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan, Pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa dengan model pembelajaran Think-Fair-Share memberikan pengaruh terhadap laporaran portofolio siswa kelas X SMA Nurul Ilmi Padangsidempuan.

Keywords


Think-Pair-Share, Portofolio and Filed Experience.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K., Amri, S., & Setyono, H. A. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP (T. Pakpahan (ed.)). Prestasi Pustaka.

Anwar Hasnun. (2004). Pedoman Petunjuk Praktis Karya Tulis. Absolut.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Davies, I. K., Sudirjo, S., Rompas, L., & Kartasurya, K. (1991). Pengelolaan Belajar (Ed.1 Cet.). Rajawali.

Keraf, G. (1994). Komposisi : sebuah pengantar kemahiran bahasa / Gorys Keraf. Ende : Nusa Indah.

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Diponegoro.

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.351-357

Article Metrics

Abstract view : 613 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.