THE EFFECTIVENESS OF LEARNING OUTCOMES DURING PANDEMIC USING THE METHOD OF MENTORING LEARNING FROM DOOR TO DOOR AND ASSIGNMENT-BASED LEARNING FOR FIFTH-GRADE STUDENTS AT SD INPRES KOBELETE

Djara I. Jean, Faot Y. Imanuel

Abstract


Bimbingan belajar merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada para peserta didik sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih optimal dilembaga mereka menuntut ilmu. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan tujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan bimbingan secara daring maupun luring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ialah seluruh siswa Kelas IV SD Inpres Kobelete berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu data pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat bimbingan belajar di rumah dengan pembelajaran berbasis penugasan. Metode pembelajaran konvensional (tatap muka) pada bimbingan belajar dianggap lebih baik oleh siswa daripada pembelajaran berbasis penugasan karena lebih mudah memahami materi serta adanya interaksi dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan belajar siswa dengan rata-rata kelas 73 dapat mencapai presentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator kuantitatif keberhasilan pelaksanaan bimbingan belajar pada mata pelajaran tematik di SD Inpres Kobelete di masa pandemi ini dinyatakan berhasil.

Keywords


Pembelajaran, Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation.

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student Perceptions of Online and Face-to-Face Learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61–76.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Informati

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14. https://doi.org/10.1177/0047239518788278.

Putra, R., & Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.

Rahardjo, Ilham 2020. Model Penugasan Menyenangkan di Masa Pandemi Covid 19.LPMP Jawa Timur. Surabaya: Tidak diterbitkan

Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590288.pdf.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka, 1-29.

Sari, R. P. Dkk.(2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 11.

Sevima. (2020). 5 kebijakan pendidikan masa darurat corona. Retrieved from https://sevima.com/5-kebijakan-pendidikan-masa-darurat-corona/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

S. Rumini, M. D. Mahmud, S .Sundari, Y. Ayriza. 1995. Psikologi pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Wardani Anita & Yulia Ayriza. (2020),“Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar diRumah pada Masas Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1, hlm. 772 -782




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.575-583

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.