PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGEMBANGBIAKKAN TUMBUHAN SECARA VEGERATIF BUATAN (MENCANGKOK)

Roslina Simamora

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) salah satu ilmu yang kaitannya dalam pemahaman mengenai gejala alam yang sistematis. IPA akan mengetahui suatu kebenaran melalui kegiatan empirik dengan cara melakukan eksperimen dalam laboratorium, bisa juga pada alam bebas. Konsep pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas VI SDN 158493 Sibuluan 1 B dengan materi tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan khususnya cara-cara mencangkok yang baik dan benar dengan metoda Demonstrasi dan Eksperimen merupakan cara yang akan ditempuh oleh guru agar tercapai tujuan yang diharapkan. Metode Demonstrasi dan Eksperimen dapat lebih merangsang siswa untuk lebih aktif dalam memahami konsep pembelajaran pada cara-cara mencangkok. Pada tes awal rata-rata nilai yang dicapai siswa hanya 59,1 maka pada akhir siklus 1 perolehan rata-rata nilai sebesar 64,7. Pada tes awal siklus 2 yaitu 72,4 maka pada akhir siklus 2 perolehan rata-rata nilai sebesar 79,4. Pada akhir siklus 2 ini, seluruh siswa kelas VI mendapat nilai di atas KKM (65).


Keywords


Keterampilan Belajar, Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen,

Full Text:

PDF

References


Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 409–413. https:// jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9961

Ariaji, R., & Harahap, A. F. D. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Terpadu Kelas VII Dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 100–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.10597

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran (Cet.1). Ar-Ruzz Media.

Dewanti, R., Fajriwati, A., & Penulis, N. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4906

Ermida. (2019). Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Learning. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 67–80. https://doi.org/https:// doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3409

Fartati. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas II SD No. 1 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Online (JKO), 3(4), 108–120. http://jurnal.untad.ac.id/ jurnal/index.php/JKTO/article/view/3071

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak suatu Benda “ Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap. Jurnal Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127–139. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7257

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hayuningtyas, N. E., Wijayanti, A., & Muhajir. (2017). Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Siswa Sekolah Dasar. PAEDAGOGIA, Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 150–165. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906

Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi. (2020). Research & Learning in Primary Education Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA dengan. Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA Dengan Menggunakan Metode Ekperimen Di Sekolah Dasar, 2(2), 161–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129

Nupita, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/2979

Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Subrata. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi pada materi Asam Basa Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 37–44. https://journal.unnes. ac.id/nju/index.php/jsi/article/view/7940

Yogaswara, R. A., Istyadji, M., Putri, R. F., & Annur, S. (2021). Pola Argumentasi Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 13 Banjarmasin (Argumentation Pattern on Natural Science Learning in SMPN 13 Banjarmasin). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(1), 426~431. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1846




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.564-574

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.