
*corresponding author
AbstractAktivitas siswa belajar matematika cukup kurang di kelas, siswa memiliki kebiasaan hanya sebagai pemerhati tanpa ada proses Tanya jawab. Pada kemampuan memecahkan masalah tergolong kurang di kelas X, maka dalam penilaian hasil belajar digolongkan pada kategori masih rendah, bahkan siswa kelas X hanya diperoleh nilai di bawah rata-rata dan adanya nilai ketuntasan yang berlaku di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk penerapan model pembelajaran group Investigasi dalam meningkatkan sebuah kemampuan pada pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika. Materi pelajaran statistik pada kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2020-2021. Penelitian dilakukan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian kelas X-3 berjumlah 30 orang. Siswa memiliki sebuah pengalaman dengan meningkatnya kemampuan pemecahan masalah melalui tes awal lalu dilaksanakan siklus I dan dilanjutkan ke siklus II. Dapat dilihat pada tes awal, kemudian dilaksanakan pada siklus  I  hanya mendapat kategori “Cukup Baik†dan . siklus II mendapat kategori “Baik†telah terpenuhi yaitu ≥70%. Ini berarti melalui model group investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
KeywordsGroup Investigasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistik.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i1.112-116 |
Article metrics10.31604/ptk.v4i1.112-116 Abstract views : 793 | PDF views : 411 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pjj Dimasa Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 98–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/http: //dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Mustofa, A. A. A., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(2.1), 26–31. https://jurnal.fkip. uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11823
Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927
Pratami, A. Z., Suhartono, & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/ https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141–152. https://doi.org/https:// doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Suyitno, A. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Dalam Menyusun Soal Bermuatan Literasi Matematika Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–11. https:// doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v4i2/Septembe.552
Wasingah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 356–370. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.82
Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1–8. https://doi.org/ https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.