MENINGKATNYA KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA DENGAN PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATERI STATISTIKA

Nova Christina Dewi

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dengan metode pembelajaran snowball throwing pada materi statistika di SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa Kelas X-1 yang berjumlah 20 orang, sedangkan objek penelitian yaitu kemampuan dalam komunikasi siswa pada matematis dengan penerapan metode snowball throwing pada materi statistika. Hasil penelitian yaitu pembelajaran yang diterapkan melalui metode snowball throwing dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika. Hasil pemberian tes awal terhadap 20 siswa yang mencapai ketuntasan minimal 65 sebanyak ± 35% yaitu hanya 7 orang dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 56,65. Pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebanyak ± 50% yaitu 10 orang dengan nilai rata-rata sebesar 72,9. Pada siklus II telah mencapai ketuntasan minimal sebanyak ± 90% yaitu 18 orang dengan nilai rata-rata 81,95. Dari hasil penelitian bahwa penerapan pembelajaran melalui metode snowball throwing pada materi statistika dengan meningkatnya komunikasi matematis siswa.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Snowball Throwing, Statistika

Full Text:

PDF

References


A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041

Arif, S., & Rijanto, T. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 371–377. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/21214

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2), 175–185. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106. https://doi.org/https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i2.6290

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Khaini, F. N. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Mengubah Soal Cerita menjadi Model Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 459–469. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.109

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran (Cet.1). Bumi Aksara.

Setiawati, Y. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Margahayu Pada Materi Keanekaragaman Budaya Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1).

http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/19

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yanti, S. (2020). Penggunaan Metode Snow Ball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Pada Siswa Sd. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(1), 35–39. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/244




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.59-64

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.