PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD DARUSSALAM TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Kemampuan berbicara adalah hal mendasar bagi anak untuk dapat berkomunikasi secara verbal dan dapat berinteraksi terhadap sesama yang lain. Kemahiran ini menggambarkan perihal bagaimana anak bisa merangkaikan kosakata berbagai kosakata yang sudah mereka dapatkan dengan kesanggupan anak dalam berbicara secara verbal terhadap temannya. Permasalahan observasi ini ialah dengan melalui bahan ajar bercerita bisa meransang atau menstimulasi kemahiran berinteraksi dengan anak yang lain di PAUD Darussalam Telagasari. Oleh karena itu maksud dan tujuan observaasi yang akan di teliti adalah menceritakan secara mendetail kalau bahan ajar melalui bercerita bisa merangsang daan menstimulas kemahiran berbicara anak. Pokok utama yang dipilih dalam observaasi ini adalah anak kelas A atau usia kurang dari 5 tahun sejumlah 10 orang. Penelitian ini dilakukan secara bertahap yaitu perencaan,teori pemantauan dan spekulasi. Cara penghimpunan data menggunakan penelitian dan tanya jawab. Metode penjabaran data yang dipakai yaitu deskriptif yang mendekati kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi dan uraian bisa di rangkum bahwa kemahiran berbicara kelompok usia 4 saampai 5 tahun di PAUD Darussalam Telagasari dapat ditingkatkan degan menggunakan metode bercerita. Degan dibuktikan adanya persentase rata-rata pembelajaran dikelas capaian anak dari kondisi awal 33%, meningkat pada rangkaian tahapaan I menjadi 77%, dan pada rangkaian tahapan II juga terjadi lonjakan sebesar 93%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu, Putri., & Gita, Anggraeni. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Elisabeth, Tantiana. (2018). Pegembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 2620-6641. http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/download/132/92
Dwiyani, A. Sofia, H & Yuliani, N. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2), 404-415. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/224/pdf
Dwi, N. Ajeng, A. & Tritjahjo, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Digital Storytelling di TK Apple Kids Salatiga. Jurnal Pendidikan Usia Dini 12(1), 2503-0566. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/download/6588/4854
Azlin, Antika, P. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara AnakUsia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2), 115-112. https://journal.unilac.ac.id/index.php/paud-lecture/article/download/1169/834
Nurmiati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK. Journal Early Chilhood Education Indonesia. 1(1). 27-32.
http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article
Tuti, Eko, W. (2018). Pengingkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Demangan Kota Madium. Jurnal CARE. 5(2). 2355-2034. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.540-553
Article Metrics
Abstract view : 1884 timesPDF - 1010 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.