PENGEMBANGAN BAHASA UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN BELAJAR OUTDOOR DI KB MAWAR VII KARAWANG

(1) * Herawati Herawati Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Debibik Nabilatul Fauziah Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Rina Syarfida Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pengembangan Bahasa pada anak usia dini sangatlah penting karena melalui Bahasa anak akan berkomunikasi. Anak belajar mengungkapkan perasaannya dan bertanya ketika rasa ingin tahunya muncul itu semua menggunakan Bahasa. Berdasarkan masalah itu maka pada penelitian ini adalah masih kurangnya capaian aspek perkembangan bahasa di kelompok A, KB Mawar VII  anak usia 3 – 4 tahun seperti:  1) anak belum mau mengungkapkan bahasa, 2) anak belum mengenal keaksaraan, 3) memahami bahasa, 4) mengungkapkan bahasa.[U1]  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana metode bermain outdoor mampu menstimulus Bahasa anak usia dini. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi.[U2]  Untuk subjek penelitiannya kali ini yaitu siswa dengan rentang usia 3-4 tahun di KB Mawar VII. Dengan menggunakan teknik triangulasi peneliti mengumpulkan semua informasi yang berhubungan dengan penelitian kali ini [U3] Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber, waktu dan  Hasil penelitian diperoleh dari metode penugasan, pendekatan dan permainan, guru melaksanakan pembelajaran outdoor dengan baik melalui media yang tersedia seperti buku cerita  yang sesuai dengan tema pembelajaran. Penerapan pembelajaran outdoor di KB Mawar VII dapat mengembangkan aspek Bahasa khususnya penambahan kosakata pada anak sehingga kemampuan Bahasa reseptif dan efektif anak meningkat. Pembelajaran outdoor memberikan pembelajaran langsung yang dapat menstimulasi  anak untuk mengembangkan bahasanya dengan bertanya dan bercerita.

 


Keywords


pengembangan bahasa anak usia dini, penerapan pembelajaran outdoor

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.532-539
      

Article metrics

10.31604/ptk.v4i3.532-539 Abstract views : 935 | PDF views : 502

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Analisis, Studi, Surah Luqman, and Debibik Nabilatul Fauziah. “Pendidikan Anak Dalam Islam Perspektif Tafsir Asy- Sya ’ Rawi.â€

Gunayanti, I Gst Ayu Dwi, Ni Ketut Suarni, and Luh Ayu Tirtayani. 2015. “Penerapan Metode Bermain Outdoor Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak.†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3(1).

Hasanah, Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Anak 5(1): 717–33.

Rosalina, Anita. 2014. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain.†Psycho Idea 1: 19–35.

Syafrida, Rina, Ega Trisna Rahayu, Lilis Karyawati, and Hinggil Permana. 2020. “Inovasi Media CB Hoop Pada Aktifitas Motorik Kasar Anak Selama Belajar Dari Rumah.†5(2): 85–96.

مختاري، پونه. شجاعي، معصومه. دانا، امير et al. 2018. “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.†Biomass Chem Eng 3(2): ثقثقثقثق. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=.

Analisis, Studi, Surah Luqman, and Debibik Nabilatul Fauziah. “Pendidikan Anak Dalam Islam Perspektif Tafsir Asy- Sya ’ Rawi.â€

Gunayanti, I Gst Ayu Dwi, Ni Ketut Suarni, and Luh Ayu Tirtayani. 2015. “Penerapan Metode Bermain Outdoor Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak.†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3(1).

Hasanah, Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Anak 5(1): 717–33.

Rosalina, Anita. 2014. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain.†Psycho Idea 1: 19–35.

Syafrida, Rina, Ega Trisna Rahayu, Lilis Karyawati, and Hinggil Permana. 2020. “Inovasi Media CB Hoop Pada Aktifitas Motorik Kasar Anak Selama Belajar Dari Rumah.†5(2): 85–96.

مختاري، پونه. شجاعي، معصومه. دانا، امير et al. 2018. “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.†Biomass Chem Eng 3(2): ثقثقثقثق. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.