PERENCANAAN KEUANGAN SEKOLAH DAN UPAYA PERBAIKAN SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN DI RA-ABATA MARDHOTILLAH

Muna Aziza Muhtar, Taufik BK, H. Akil

Abstract


Modal utama berlangsungnya manajemen sekolah yang sehat salah satunya berupa proses perencanaan keuangan. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada yang dapat dikembangkan menjadi pemasukan yang memiliki nilai keuangan yang baik. Tentunya sekolahan harus mampu menjadi tempat perencanaan  keuangan yang baik. Tujuan perencanaan keuangan yang baik yaitu untuk mencapai tujuan dan memuaskan semua pihak. Tujuan dan observasi ini adalah untuk menggambarkan perencanaan keuangan di sekolah "RA ABATA MARDHOTILLAH",Teluk Jambe,Kab. Karawang’’. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah dan pengurus bagian tata usaha. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah RA ABATA MARDHOTILLAH, Teluk Jambe, Kab. Karawang perencanaan keuangan RA ABATA dalam perencanaan anggaran yang dilakukan sudah mengikuti panduan dan ketentuan yang berlaku yang sesuai prosedur pemerintah dalam menyusun RAPBS. Namun, perlu adanya perbaikan dan peningkatan dengan tujuan meningkatkan keuangan sekolah, selain itu diperlukan adanya kerjasama dengan pihak lain.


Keywords


Perencanaan, Keuangan, Sekolah,

Full Text:

PDF

References


Argyropoulou, E. 2009. Financial Management in Greek State Schools. ISEA, 37 (2).111-124.

Bateman, S. Dan Snell, S. 2009. Manajemen Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia Pendidikan yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat.

Breckenridge & Vincent. 1966. Child DevelopMent, Physical and Psychological Growth Adolescence. Philadelphia: W.B Saunders Company. Vol 4 (5). 1-38

Centerwall, U., & Nolin, J. 2019. Using an Infrastructure Perspective to Conceptualise the Visibility of School Libraries in Sweden. Information Research, 24(3), 1–30.

Cooper, B. S., Nisonoff, P. & Speakman, S. T. 2001. Advanced budget Technology in Education: the Future Is Now. School Business Affairs 67 (2). 27–32.

Fattah, N. 2009. Landasan manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hartman, S.J., Yrle, A.C., &Galle Jr., W.P. 1999. Procedural and distributive justice: examining equity in a university setting. Journal of Business Ethics, 20: 337-351

Hayati, E. D. 2012. Manajemen Pembiayaan Berbasis Sekolah di RSBI SMPN 3 Mranggen Demak. Educational Management Journal. Vol 1 (2). 143-149.

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.Kaufman, Roger A. 1972. Educational System Planning. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Liu, T & Wilkinson, S. 2014. Using Public-Private Partnerships for The Building and Management of School Assets and Service. Enginering, Construction and Architectural Management, 21 (2). 206-223.

Mestry, R. 2004. Financial Accountability: The Principal or the School Governing Body? South African Journal of Education. Vol 24 (2) 126-132.

Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.524-531

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.