EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA CB HOOP TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ervina Istanti, Debibik Nabilatul Fauziah, Rina Syafrida

Abstract


Kemampuan kerjasama merupakan salah satu indikator yang penting dalam aspek sosial emosional anak, yaitu suatu sikap mau bekerjasama dan menyelesaikan tugas secara bersama dalam kelompok. Latar belakang penelitian ini terdapat kurangnya kemampuan kerjasama pada anak  kelompok B usia 5-6 tahun belum berkembang sesuai harapan. Pengunaan media dapat menumbuhkan kemampuan kerjasama salah satunya dengan menggunakan media hulahoop yang sudah diinovasi secara kebaruan yaitu CB Hoop multisize. CB Hoop multisize memiliki ragam main dan dapat dilakukan secara kelompok kecil dan besar. Penelitian ini memiliki tujuan  ingin melihat seberapa besar efektifitas penggunaan media CB Hoop terhadap kemampuan kerjasama anak di PAUD Melati V Karawang. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dan menggunakan rancangan The one group prestest-posttest design dengan mengunakan sampel anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan jumlah anak 18 anak dan ditetapkan berdasarkan dengan cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan selama 8 kali pertemuan pada kelompok B PAUD Melati V Karawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerjasama anak saat pretest sebesar 9,11 dan saat posttest sebesar 13,27 maka dapat dilihat terdapat peningkatan sebesar 4,16% maka dapat disimpulkan dari data tersebut terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media CB Hoop untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak usia 5-6 tahun.


Keywords


Kemampuan kerjasama, media CB Hoop, anak

Full Text:

PDF

References


Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 134–142. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Kegiatan KerjaKelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Paud Tambusai Pgpaud Stk, 2 Nomor 1.

Juniarti, Y. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) Pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04

Kemendikbud. (2018). Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum PAUD (Issue 021).

Melati, I., Imas, J., & Dina, F. (2020). Pengaruh Permaina Hulahoop terhadap Kecerdasan Kinestetik anak 5-6 tahun. Sawabiq Jurnal Keislaman, 1Volume, J.

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12.

https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3038–3044.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Rahayu, E. T. (2021). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Pembelajaran Rope Ladder Physical Activity Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 62. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i1.7657

Suciani, L., Antara, P. A., & Magta, M. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJASAMA KELOMPOK A Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( Volume 6 No . 6(2), 199–208.

Syafrida, R., Rahayu, E. T., Karyawati, L., & Permana, H. (2020). Inovasi media CB Hoop pada aktifitas motorik kasar Anak selama Belajar Dari Rumah. 5(2), 85–96.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.475-485

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.