IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MUALAF SUKU BADUY LEBAK BANTEN
Abstract
Penelitian yang dijelaskan untuk penelitian ini yaitu mengenai pelaksanaan pendidikan Islam di Kampung Landeuh Lebak Banten. Kajiannya dilatarbelakangi dari permasalahan Suku Baduy guna mengungkap keislaman masyarakat Baduy, dan pelaksanaan pendidikan Islam yang dilakukan oleh masyarakat mualaf suku Baduy. Pada penelitian ini, peneliti akan memberikan penjelasan yang bertujuan mengungkap: (1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam mualaf Suku Baduy di Kampung Landeuh Lebak Banten, (2) Hasil dan evaluasi pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy di Kampung Landeuh Lebak Banten. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Sedangkan uji keabsahan data dilaksanakan dengan cara menggunakan Triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model deskriptif, yaitu: reduksi data penelitian, penyajian data lapangan, dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu adanya pelaksanaan pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh mualaf Suku Baduy berupa kajian-kajian keislaman seperti aqidah, fiqih, akhlaq, dan sebagainya. Sehingga dari pelaksanaan pendidikan Islam mualaf Suku Baduy juga menghasilkan pengukuhan keimanan dan kecintaan mualaf terhadap Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Abd Ar-Rohman Saleh. Education Theory A Qur’anic Out look. Makkah al-Mukarromah, Ummu al-Qurro Univercity. t.t.
al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. (1975). at-Tarbiyah al-Islamiyah Wa Falasifatuha. Kairo: Isa al-Bab al-Halabi.
al-Ahnawi, Ahmad Fu’ad. (1968). at-Tarbiyah Fi al-Islam. Kairo: Dar al-Ma’arif.
al-Naquib al-attas, Syekh Muhammmad. (1980). The Concept of education in Islam. Kuala Lumpur: Muslim Youth Men of Malaysia ABM.
Atja, dan Saleh Danasasmita. (1981). Sang Hyang Siksakanda Ng Karesian. Bandung: Proyek Pengembangan Permuseuman Jawa Barat.
Clifford, Geertz. (1973). The Interpretation of Cultures, Selected Essays. London: Hutchinson & Co (publishers) Ltd.
D. Marimba, Ahmad. (1980). Filsafat Pendidikan Islam, Al Ma’arif. Bandung.
Darajat, Zakiyah dkk. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Khan, Mohd. Syarif. (1986). Islamic Education. New Delhi: Ashish Publising House.
Mahfud, Rois. (2011). Al-Islam : Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.
Minarti, Sri. (2013). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan secara Mandiri). Yogyakarta: Ar-Ruzz Mediaa.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Nata, Abuddin. (2009). Pemikiran Pendidikan Islam & Barat. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nur Aly, Hery. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos,
Pleyte. (1912). “Badoejsche Geesteskinderen,”. TBG, 54, afl.3-4.
Shaliba, Jamil. (1978). Al Mu’jam al Falsafi jilid I. Daar al kitab al lubnani, Kairo.
Shihab, Muhammad Quraish. (2012). al-Lubab. Tangerang: Lentera Hati.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. (1964). Madzahibu fi Al Tarbiyah, Bahtsun fi Al Madzahibi Al Tarbawi ‘inda Al Ghazali. Al Qahirah : Maktabah Nahdah.
Syamsudin, Abd al-Amir. (1993). al-Fikr al-Tarbawy ind Ibnu Khaldun waa Ibnu al-Azraq. Beirut: Darul Iqro.
Syar‟i, Ahmad. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
W.R. Van Hoevell. Bijdragen tot de Kennis der Badoeinen in het Zuiden der Residentie Bantam (TNI, 7, IV, 1845). 360.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.463-474
Article Metrics
Abstract view : 1419 timesPDF - 959 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.