MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI MEDIA SANDIWARA WAYANG DI PAUD KOBER NURUL BAETI
Abstract
Menyimak adalah suatu proses untuk mendengarkan dan memahami seluruh informasi yang diperoleh. Menyimak merupakan hal yang penting karena merupakan salah satu kemampuan bahasa yang paling mendasar karena menyimak adalah awal pengetahuan bahasa untuk anak. Kemampuan menyimak di Paud Kober Nurul Baeti berdasarkan hasil dari pengamatan masih sangat rendah karena terlihat dari anak yang tidak memperhatikan guru saat kegiatan belajar berlangsung, fokus anak mudah teralihkan dan asyik sendiri dengan kegiatan lain. Upaya dalam meningkatkan kemampuan menyimak yaitu melalui sandiwara wayang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi dari media sandiwara wayang untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun. Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, servasi, dan observasi. Jumlah populasi pada penelitian ini adlah sebanyak 12 orang anak dan 1 guru sebagai subjek. Dalam pengumpulan data digunakan wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan yaitu pendekatan Kemmis & MC Taggart dengan kegiatan Planning (Perencanaan), Act % Observasi (Pelaksanaan dan observasi), Reflect (Refleksi), Revised Plan ( Revisi perencanaan). Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada siklus I sebesar 33,33% dan pada siklus II data naik hingga 58,33%. Melihat data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media sandiwara wayang dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di Paud Kober Nurul Baeti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Setyawan, Helmi Farid.(2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 92-98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/3490/2573
Deludea, A., & Nuraeni, L., (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas di TK Makedonia. Jurnal Ceria. 1(1) pp 2614-4107 (online)
Prasiwi, Agni Ayu. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Paedagogie, 13(2), 43-50. DOI 10.31603/paedagogie.v13i2.2363
Farikha, Karim L, Busyro Fajar M, Wulani
Puspitasari Y, Nila Ratna. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Khalifa Solerejo Mojowarno Jombang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 45-55. 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3849
rizki utami handayani. (2017). wayang - wayang nusantara (Kuncoro (ed.)). CV. Angkasa.
Setiani, Y., Mulyana, E., & Nafiqoh, H. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KOBER ALAMANDA. 4(3), 296–302.
Rukajat, Ajat. Penelitian Tindakan Kelas. 1st ed. Yogyakarta, 2018.
B Uno, Hamzah. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional (Jakarta: Bumi Aksara).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.455-462
Article Metrics
Abstract view : 1891 timesPDF - 504 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.