MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN SMK NEGERI 3 DAN SMK NEGERI 15 DI KOTA BANDUNG

Sofa Sari Miladiah, Cahya Syaodih, Dadi Permadi

Abstract


Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, kendala manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi lulusan serta merancang solusi dalam menghadapi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran melaksanakan kegiatan In House Training, sinkronisasi kurikulum dengan IDUKA, menyusun silabus dan RPP, menganalisis jumlah SDM yang tersedia dengan mata pelajaran yang akan dilaksanakan, menyusun jadwal blok dan job sheet. (2) Pengorganisasian membuat struktur organisasi manajemen teaching factory untuk menentukan tugas pokok dan fungsi setiap orang yang terlibat. (3) Pelaksanaan pembelajaran teaching factory dilaksanakan dengan sistem dan jobdesc yang jelas melalui jobsheet yang telah disusun dalam perencanaan pembelajaran teaching factory. (4) Evaluasi pembelajaran, guru melaksanakan pengawasan pada setiap produk yang dihasilkan pada akhir proses pembelajaran walaupun bentuknya simulasi. (5) Kendala yang dihadapi pada pembelajaran teaching factory yaitu belum adanya order yang berkelanjutan, serta alat produksi yang belum lengkap sesuai standar industri. (6) Solusi yang dilakukan sekolah mendorong seluruh warga sekolah untuk menumbuhkan jiwa enterprenership dengan menjadi marketing agent dari unit produksi teaching factory. Simpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran teaching factory efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan budaya kerja sesungguhnya dan berdampak positif bagi peningkatan kompetensi lulusan serta dengan unit produksi yang ada, dapat menghasilkan produk yang berstandar industri dan layak jual.


Keywords


pembelajaran, teaching factory, SMK

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2000). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmodiwirio, Soebagio. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Bungin, M. Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta. Daft, Richard L. (2010). Management. New Jersey: Prentice Hall.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat PSMK. (2009). Roadmap Pengembangan SMK 2010-2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat PSMK. (2017). Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Jami’ Al-‘Ulum Wa Al-Hikam. (1432 H). Ibnu Rajab Al-Hambali. Beirut: Muassasah Ar-Risalah.

Jewell, L. N., dkk. (1992). Psikologi Industri/Organisasi Modern. Alih bahasa A. Hadyana Pudjaatmaka, Meitasari. Contemporary Industrial/ Organizational Psychology. Jakarta: Arcan.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Manullang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Masram, dkk. (2015). Manajemen Sumberdaya Manusia. Sidoarjo: Zivatama Publishing.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudyahardjo, Redja. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Permadi, D. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Permadi, D., dkk. (2013). Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: CV. Nuansa Aulia.

Permendiknas RI. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Poerwandari, E. K. (2009). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Silcock, P., et al. (2001). The Management Consequences of Different Models of Teaching and Learning. In Middlewood and Burton (eds.). Managing the Curriculum. London: Paul Chapman.

Spencer, L. M., et al. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. New York: John Wiley & Sons.

Suandy, E. (2001). Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Undang-Undang RI. (2009). Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.

Usman, Husaini. (2006). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.441-454

Article Metrics

Abstract view : 457 times
PDF - 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.