PENGELOLAAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nurvika Bella, Slamet Sholeh, Mimin Maryati

Abstract


Pendidikan kewirausahaan sebaiknya ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin. Semangat kewirausahaan merupakan sesuatu harus dilalui dengan tahap yang panjang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau mereka yang tidak berada dilingkungan yang menanamkan jiwa kewirausahaan. Banyak lembaga pendidikan yang hanya mengedepankan akademik tanpa memperhatikan pendidikan kewirausahaan sehingga banyak pula peserta didik yang lulus sebagai tenaga pekerja buka pencipta lapangan pekerjaan. Pada proses pembentukan jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, terdapat proses pembentukan karaktker peserta didik melalui pembelajaran dan pembiasaan tentang kewirausahaan  sedini mungkin. Dalam prosesnya  jiwa kewirausahaan akan membentuk kekratifitasan peserta didik dalam berfikir dan bertindak. Melalui kreatifitas tersebut jiwa kewirausahaan peserta didik akan terus menerus berkembang karena dengaan kekreatifitasaan tersebut muncul ide-ide dan permikiran pemikiran yang baru dan lebih inovatif. Keberhasilan suatu pendidikan kewirausahaan dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya : (1) peserta didik mampu mengembangkan ilmu kewirausahaan. (2) lingkungan kelas peserta didik mampu mengembangkan kebiasaan sesuai dengan pendidikan kewirausahaan sesuai dengan yang telah diarahkan. (3) lingkungan sekolah sebagai lingkungan belajar yang bernuansa kewirausahaan

Keywords


Kewirausahaan, kreatifitas

Full Text:

PDF

References


Harahap, Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: Wal ashri Publishing.

Sandiasa Gede. 2009. Media Pembelajaran. Depok: Rinika Cipta.

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindak Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Muri A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Jamil, Latief. 2017. Kiat Sukses Menjadi Wirausah. Jakarta: Universitas Panji Sakti

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Handayani. 2019. Menggapai Mimpi melalui Entrepeneurship. Jakarta: Uki Press

Priyono. 2016. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publishing

Alnedral. 2015. SPORT Entrepeneurship: Konsep, Teori, dan Praktik. Padang: FIK-UNP Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.384-389

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.