URGENSI PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK BHINNEKA KARAWANG.

Alya Rihhadatul Aisy, Acep Nurlaeli, Sayan Suryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan kelas di SMK Bhinneka Karawang, dan apa saja urgensi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Bhinneka Karawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penelitian dilapangan dengan metode observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu mengggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pengelolaan kelas di SMK Bhinneka Karawang mengacu pada komponen keterampilan dalam melakukan pengelolaan kelas yang memiliki hubungan dengan menciptakan dan memelihara yang efektif dalam menciptakan kondisi belajar dan kemampuan memberikan perhatian kepada peeeserta didik baik secara visual maupun secara verbal. Motivasi yang terdapat pada peserta didik di SMK Bhinneka Karawang dipengaruhi oleh faktor instrinsik motivasi yang muncul secara alamiah dari dalam diri peserta didik. Faktor ekstrinsik yaitu faktor motivasi yang timbul yang dipengaruhi besar oleh kemampuan dan keterampila guru dalam melasanakan pengelolaan kelas. Urgensi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK Bhinneka Karawang melihat beberapa permasalahan yaitu kurang lengkapnya fasilitas sekolah dalam mendukung proses pembelajaran seperti kurangnya media gambar, selain itu guru kurang memiliki kemampuan pengelolaan kelas sehingga menciptakan suasana belajar yang membosankan.


Keywords


Pengelolaan Kelas; Motivasi; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Nurhairiyah, Ida. 2019. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di MIS Darul Istiqomah Mamoa Raya Makasar.Skripsi. Pendidikan Guru MI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alaudin, Makasar

Sinta, Lara. 2018. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Skripsi. PAI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Fatah, Palembang

Pratiwi, Nuning Indah. 2017. Penggunaan Media Vidio Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Imiah Dinamika Sosial. Vol 1 (211). https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219

Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Suradi. 2017. Urgensi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba. Akmen Jurnal Ilmiah. Vol 13(1). https://e-journal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/5

Fitrah, Sitti Fadillah. 2020. Urgensi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK 4 Taklar. Skripsi. PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah, Makasar




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.323-332

Article Metrics

Abstract view : 1463 times
PDF - 980 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.